Peluang usaha bisnis retail, khususnya minimarket, tampaknya masih terbuka lebar. Semua itu bisa menjadi lahan bisnis yang sangat menguntungkan jika kita pandai memanfaatkannya. Untuk memaksimalkan peluang tersebut tentu saja diperlukan persiapan matang, baik dari segi teknis maupun nonteknis.
Salah satu sisi teknis adalah aspek permodalan. Namun, tidak lantas diperlukan modal yang jor-joran dalam memulai usaha. Sebenarnya, dengan modal yang minimal pun, roda bisnis dapat saja berjalan. Selebihnya adalah memaksimalkan sisi nonteknis, yaitu niat, kecintaan terhadap bidang yang ditekuni, tekad yang kuat, dan kesiapan mental untuk memulai bisnis. Langkah-langkah apa saja yang mesti dipersiapkan untuk memulai sebuah bisnis minimarket? diantaranya mengukur kesiapan diri
Hal pertama yang perlu digarisbawahi dalam memulai usaha adalah mengukur kesiapan diri. Secara nonteknis, kesiapan diri di sini mencakup niat, tekad yang kuat, kecintaan terhadap bidang yang akan digeluti, dukungan dari luar, dan kesiapan mental. Hal penting lainnya adalah kecintaan terhadap bidang yang akan digeluti. Tanpa cinta, mustahil sesuatu dijalankan dengan baik. Rasa cinta akan membuat orang semakin tekun dan berusaha lebih jauh mengenal bidang yang akan diselami. Selain itu, rasa cinta akan membutuhkan kenikmatan dalam menjalankan usaha. tentang menikmati pekerjaan. Suatu hal yang amat diperlukan.
Sumber : Buku Rupiah Meriah Bisnis Minimarket

Post a comment

Your email address will not be published.

Related Posts