Promosi dan Pemasaran dalam Bisnis

Promosi dan pemasaran dapat menciptakan value added (nilai tambah) yang bersifat ekonomis yang lebih tinggi bagi sebuah bisnis. Pemasaran memiliki basis kekuatan tak tertanding untuk mengendalikan bisnis, mengerti tentang pasar, memenangkan konsumen, memimpin inovasi, membangun merek dan mengendalikan pertumbuhan yang menguntungkan. Semua ini membutuhkan yang lebih strategis dan komersial, inovatif dan atraktif. 

Dalam dunia bisnis yang semakin beragam saat ini, setiap bisnis memiliki risiko dan tantangan yang semakin tinggi, baik pada risiko ketidakpastian maupun peluang. Ide-ide terbaik dan terus-menerus akan membuat perusahaan menjadi hebat. Dalam praktik pemasaran, kita harus mengerti keadaan pasar saat ini dengan segala perubahan dan kompleksitasnya, serta mampu memanfaatkan peluang-peluang yang ada. Menyeimbangkan proses untuk menyelesaikan hari ini dan kebutuhan untuk membangun masa depan, berusaha terus mendapatkan pengetahuan baru mengenai apa yang benar-benar penting bagi konsumen.

Dalam melakukan kegiatan promosi, sebelumnya harus mempunyai tujuan yang sudah ditetapkan, yaitu sebagai berikut:

Mengangkat Merek atau Brand Perusahaan

Visi dan misi perusahaan harus dapat divisualisasikan dalam setiap aplikasi promosi. Visualisasi dari brand perusahaan harus dimulai dengan menggunakan logo perusahaan dan menentukan warna brand, perusahaan seperti aplikasi pada kop surat, amplop, kartu nama, dan stempel perusahaan 

Mencapai Target Perusahaan

Untuk menentukan target perusahaan biasanya ditetapkan oleh pihak manajemen; dalam hal ini diwakili oleh pimpinan, pihak marketing, dan pihak terkait lainnya. Program promosi yang dilakukan harus selaras dengan target penjualan dalam satu periode yang sudah ditetapkan sebelumnya (bulanan, triwulan atau tahunan).

 

 

0 Comments

Lewat ke baris perkakas