26
- Januari
2021
Posted By : admin
Sudahkah Anda membuat Perencanaan Bisnis di tahun 2021?

Meskipun ditempa oleh tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya karena pandemi, para pelaku usaha, khususnya UMKM, terus berjuang untuk melewati paruh terakhir tahun 2020 dengan harapan untuk memulai tahun 2021 dengan lebih kuat.


Tahun 2021 adalah waktu yang tepat untuk melakukan pemulihan dengan berbagai strategi dan keputusan yang akan mendatangkan hasil sesuai perencanaan bisnis yang telah dibuat.

Hal pertama yang sering dilakukan oleh para pengusaha sukses pada akhir tahun adalah membuat Laporan Perencanaan Bisnis Tahunan. Mereka sangat mengetahui dan merasakan pentingnya untuk memulai awal tahun baru dengan segera melaksanakan Perencanaan Bisnis yang sudah ditulis/dibuat untuk mencapai tujuan bisnisnya ditahun berjalan. 

Lantas, apa yang dimaksud dengan rencana bisnis atau business plan? Rencana bisnis adalah suatu perencanaan untuk bisnis yang akan kita jalankan, baik dalam perihal biaya, tujuan, visi, misi dan lain sebagainya. Dengan kata lain, memulai bisnis tanpa suatu perencanaan bisnis adalah sebuah rencana yang beresiko sangat tinggi.

Meskipun rencana bisnis sangat penting dalam kewirausahaan, tidak setiap pengusaha melihat kebutuhannya. Banyak yang enggan menuliskan rencana mereka. Faktanya, ada banyak wirausahawan yang mengklaim bahwa rencana bisnis sudah mati atau tidak relevan. Tentu tidak semua orang setuju dengan itu.

Banyak ahli pendanaan bisnis (funding experts), setuju bahwa memiliki ide bisnis yang baik saja tidak cukup. Bahkan ide bisnis yang luar biasa bisa jadi sama sekali tidak berguna jika Anda tidak dapat merumuskan, mengeksekusi, dan menerapkan rencana strategis agar ide bisnis Anda berhasil.

Jika Anda ingin mengumpulkan dana dari investor dan pemberi pinjaman, perlu diingat bahwa memiliki rencana bisnis yang baik sangat berharga. Anda harus bertujuan untuk memiliki rencana bisnis yang terdokumentasi dengan baik yang berbicara sendiri. Ini harus jelas dan mudah dibaca dan dipahami.

Sebelum menulis rencana bisnis, penting untuk mempertimbangkan dua faktor penting-

– Siapa yang akan membaca rencana bisnis kita?

Misalnya, jika Anda membutuhkan modal, maka investor atau kreditur akan menjadi target audiens Anda. Jika Anda tertarik dengan kemitraan atau partner bisnis, calon mitra bisnis Anda akan menjadi audiens Anda.

– Anda ingin tanggapan mereka seperti apa?

Bergantung pada audiens target Anda, fokuslah pada pesan utama yang Anda ingin mereka terima untuk mendapatkan respons yang Anda inginkan.

Berikut 5 alasan mengapa Anda membutuhkan rencana bisnis

1.  Rencana Bisnis Berguna untuk Menguji Kelayakan Ide Bisnis.

Hampir semua pebisnis sepakat bahwa rencana bisnis akan membantu bisnis mereka untuk meraih peluang kesuksesan yang lebih tinggi, karena rencana bisnis akan membantu kita untuk mengembangkan ide bisnis, menguji kelayakan ide bisnis, mengatur pendanaan dengan baik, dan segenap manfaat lainnya yang akan membuat bisnis kita menjadi lebih hidup dan mudah untuk berkembang. 

2. Rencana Bisnis Berguna untuk Menarik Para Investor atau Donatur untuk Bergabung dengan Bisnis Kita. 

Hampir sama dengan poin sebelumnya, rencana bisnis yang jelas dan tersusun dengan baik akan membantu kita untuk mendapatkan dana atau tambahan modal . Bukan hanya itu, ini juga akan memudahkan para donatur untuk memberikan bantuan modal pada bisnis kita. Sehingga, kita bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih luas dan lebih mapan. Oleh karena itu, kita harus menjaga kejelasan rencana bisnis dengan sebaik mungkin, karena investor dan donatur bisa saja mengecek rencana bisnis kita kapanpun mereka membutuhkannya. Jangan sampai investor atau donatur malah tertarik dengan bisnis pesaing kita ya, rekan-rekan. 

3. Untuk membuat keputusan yang tepat

Sebagai seorang pengusaha, memiliki rencana bisnis membantu Anda untuk mendefinisikan dan fokus pada ide bisnis dan strategi bisnis Anda. Anda tidak hanya berkonsentrasi pada masalah keuangan, tetapi juga pada masalah manajemen, perencanaan sumber daya manusia, teknologi, dan menciptakan nilai bagi pelanggan Anda.

4. Untuk membantu Anda mengidentifikasi potensi kelemahan

Memiliki rencana bisnis membantu Anda mengidentifikasi potensi jebakan dalam ide Anda. Anda juga dapat membagikan rencana tersebut dengan orang lain yang dapat memberikan pendapat dan saran mereka. Identifikasi para ahli dan profesional yang berada pada posisi untuk memberi Anda nasihat yang sangat berharga, dan bagikan rencana Anda dengan mereka.

5. Untuk mengkomunikasikan ide Anda dengan pemangku kepentingan

Rencana bisnis adalah alat komunikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengamankan modal investasi dari lembaga keuangan atau pemberi pinjaman. Ini juga dapat digunakan untuk meyakinkan orang agar bekerja untuk perusahaan Anda, untuk mendapatkan kredit dari pemasok, dan untuk menarik pelanggan potensial.

Category:

Tinggalkan Balasan