27
- Februari
2019
Posted By : admin
Value Propositions
Value Propositions adalah nilai (atau manfaat) yang ditawarkan perusahaan kepada pelanggan. Manfaat ini terwujud dalam bentuk sekumpulan produk atau jasa. Bagi pelanggan, value Propositions terwujud dalam bentuk pemecahan masalah yang dihadapi atau terpenuhinya kebutuhan. Value Propositions-lsh yang menjadi alasan mengapa pelanggan memiliki produk/jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan dan bukan produk/jasa perusahaan lain.
Kita ambil contoh usaha restoran untuk memahami Value Propositions. Value Propositions restoran fast food terutama untuk memenuhi kebutuhan rasa lapar pelanggannya. Meskipun demikian, ada juga restoran mewah yang Value Propositions-nya terrutama adalah menyajikan suasana rileks atau suasana romantis. Restoran yang menjual suasana selain menyajikan menu makanan dan minuman, juga mungkin akan menyajikan desain ruangan, pemandangan, musik, atau pertunjukan lain untuk menciptakan suasana yang diinginkan.
Dalam Business Canvas (BMC), elemen value Propotions memengaruhi dan dipengaruhi oleh hampir semua element-element lain. Element yang terkait langsung dengan value Propositions adalah Customer Segment. Hal ini bisa dipahami, karena setiap segment memiliki kebutuhan dan persoalan yang unik. Restorant fast food, misalnya, menetapkan Customer Segment-nya adalah orang yang membutuhkan makanan secara cepat untuk segera di santap. Sedangkan restoran yang menyajikan suasana romantis, menetapkan Customer Segments-nya sebagai pasangan muda-mudi.
Value Propositions dapat dilakukan melalui inovasi nilai (value creation) dan penurunan biaya. Inovasi nilai akan membuat pelanggan bersedia membayar lebih tinggi dan akan meningkatkan Revenue Stream. Selain value creation, perusahaan juga dapat mengurangi atau menghilangkan value propositions yang sebenarnya tidak dibutuhkan atau kurang penting bagi pelanggan. Dengan penghilangan sebagai value propositions yang kurang penting, perusahaan bisa menurunkan biaya yang pada gilirannya dapat meningkatkan laba.
Sumber : Buku Business Model Canvas
Category:

Tinggalkan Balasan