27
- Februari
2019
Posted By : admin
Ragam Customer Relationships
Terdapat berbagai cara bagi perusahaan untuk menjalin hubungan dengan pelanggannya. Alexander Osterwalder dan Yves Pigneur menyebutnya ada enam kategori customer Relationships. Perusahaan dapat menggunakan beberapa cara sekaligus. Keenam ragam Custumer Relationships tersebut adalah personal assistance, dedicated personal assistance, self-service, automated service, communities, dan co-creation.
Personal Assistance
Dalam hubungan personal assistance, pola hubungan didasarkan pada interaksi manusia. Pelanggan dapat secara langsung berkomunikasi dengan petugas dari perusahaan pada saat akuisisi maupun transaksi. Komunikasi ini tidak berarti harus tatap muka, namun juga dapat melalui telepon, email atau pesan instan.
Dedicated Personal Assistance
Disini perusahaan memberi perlakuan istimewa kepada pelanggan sebagai pribadi khusus. Biasanya perusahaan menunjuk seorang wakil untuk melayani pelanggan tertentu. Paling mudah kita ambil contoh pada industri perbankan.
Self-Service
Dalam jenis ini perusahaan tidak berhubungan langsung dengan pelanggan, tetapi menyediakan sarana untuk melakukan hubungan tersebut. Para operator telepon seluler mengandalkan pola ini unta bersauk melayani pelanggan pada umumnya. Untuk mengakuisisi pelanggan, operator telepon seluler memanfaatkan iklan.
Automated Service
Ini merupakan jenis hubungan personal assistance dengan self-service. Di sini, pelanggan mendapat pelayanan istimewa, namun semuanya serba otomatis. Profil pelanggan istimewa berikut preferensinya di data dengan baik dan menggunakam peralatan otomatis dipenuhi kebutuhannya.
Communities
Dalam jenis hubungan ini, perusahaan membangun hubungan dengan pelanggan tidak secara individual,  Tetapi sabagai kelompok. Komunitas bisa berdasarkan hobi atau kepentingan. produsen sebagai Polygon, misalnya, mengadakan acara wisata bersama dengan sepeda.
Co-Creation
Dalam jenis hubungan ini, perusahaan melibatkan pelanggan untuk menciptakanior  nilai bagi pelanggan itu sendiri. Sebagai contoh adalah perusahaan jasa desain interior ataueksterior bangunan rumah. Konsultan akan menawarkan tipe-tipe tertentu yang disesuaikan dengan selera konsumen. Konsumen akan terlibat mulai dari memilih model, bahan, bahan biaya,
Sumber : Buku Businnes
Category:

Tinggalkan Balasan