26
- Februari
2019
Posted By : admin
Ragam Revenue Streams
Suatu model bisnis dapat melibatkan dua jenis aliran pendapatan, yaitu pendapatan transaksi (transaction revenue) dan pendapatan berulang (recurring revenue). Transaction reveue adalah pendapatan yang diperoleh dari pelanggan melalui satu kali pembayaran. Recurring Revenue mengacu kepada pendapatan yang diperoleh dari pelanggan atas pembayaran berkelanjutan untuk pembelian suatu produk jasa yang ditawarkan satu kali atau atas pembelian suatu produk/jasa yang ditawarkan secar satu kali atau atas pembelian suatu produk/jasa yang ditawarkan secara berulang.
Dari dua jenis aliran pendapatan yang berbeda tersebut, dapat diturunkan pula berbagai upaya dalam menciptakan aliran pendapatan, yaitu penjualan aset, biaya pemakaian, biaya langganan, sewa, lisensi, jasa perantara, iklan dan donasi
Penjualan Aset
Jual beli merupakan aktivitas ekonomi manusia yang telah hadir di muka bumi ini sejak peradaban dimulai beradad-abad lampau. Hasil produksi perusahaan manufaktur adalah aset perusahaan tersebut. Memeroleh pendapatan dari penjualan aset sudah menjadi praktik bisnis yang lazim.
Biaya Pemakaian
Aliran pendapatan ini tercipta dari pembayaran atas jasa atau barang tidak berwujud lainnya yang dimanfaatkan oleh pelanggan. Semakin banyak pelanggan akan membayar, dan pada akhirnya semakin besar pula aliran pendapatan.
Biaya Langganan
Aliran pendapatan ini tercipta dari pembayaran oleh pelanggan dalam segmen-segmen tertentu atas hak aksesibilitas untuk jasa yang dapat dimanfaatkan selama periode waktu tertentu pula. Can ontoh paling sederhana dari aliran pendapatan jenis ini adalah biaya keanggotaan pada klub-klub olah raga
Sewa
Berbeda dengan biaya pemakaian ataupun biaya langganan, aliran pendapatan ini tercipta dari pembayaran oleh pelanggan dalam segmen-segmen tertentu atas penyerahan hak eksklusif untuk pemanfaatan aset yang dimiliki oleh perusahaan.
Lisensi
Aliran pendapatan lainnya, yaitu lisensi, tercipta dari pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan karena mereka mendapatkan izin untuk menggunakan hak atas kekayaan intelektual perusahaan yang dilindungi secara hukum. Aliran uang yang dibayarkan oleh pelanggan kepada perusahaan akan disebut sebagai biaya Lisensi.
Biaya Jasa Perantara
Biaya jasa perantara (brokerage fee) merupakan suatu aliran pendapatan yang pada umumnya diperoleh oleh perusahaan ataupun perorangan yang menerapkan model bisnis keagenan.
Iklan
Aliran pendapatan ini dihasilkan dari pembayaran oleh pelanggan atas penggunaan media komunikasi sebagai tempat untuk mengiklankan atau mempromosikan produk barang atau jasanya. Secara tadisional, aliran pendapatan jenis ini pada umumnya dapat dinikmati oleh perusahaan-perusahaan yang berada dalam industri media, baik media cetak, elektronik, maupun media internet dan media luar ruang.
Donasi
Osterwalder & Pigneur tampaknya tidak melupakan organisasi sektor publik dan nirlaba. Suatu aliran pendapatan lainnya diperkenalkan pula dalam model bisnis ini, dan dikenal sebagai donasi (donation).
Sumber : Buku Business Model Canvas
Category:

Tinggalkan Balasan