26
- Februari
2019
Posted By : admin
Key Resources
Setiap model bisnis organisasi membutuhkan Key Resources. Tidak peduli apakah organisasi tersebut organisasi berorentasi laba atau nirlaba, organisasi swasta maupun lembaga pemerintah, membutuhkan Key Resources (KR). Key Resources adalah sumber daya yang memungkinkan organisasi menjalankan Key Activities untuk menawarkan Value Propositions, menjangkau pasar, menjaga hubungan dengan Segmen Pelanggan, dan menghasilkan uang.
Adapun ragam Key Resources pada umumnya KR dalam suatu organisasi berbentuk manusiaa, fasilitas teknologi, intelektual, dan channel.
Manusia (People)
Manusia merupakan sumber daya utama organisasi. Bahkan dalam industri yang berbasis pengetahuan dan industri kreatif, manusia menjadi aspek yang sangat krusial. Pada perusahaan-perusahaan farmasi, misalnya, model bisnisnya sangat ditentukan oleh para ilmuwan berpengalaman dan tenaga kerja terampil.
Fasilitas
Fasilitas disini dapat berupa fasilitas fisik dan nonfisik. Fasilitas fisik misalnya adalah pabrik, bangunan, kendaraan, mesin. Fasilitas nonfisik dapat berupa sistem kerja. Para peritel seperti Carefour dan Alfamart sangat mengandalkan pada keunggulan sistem yang mengatur bisnis mereka.
Teknologi
Pada perusahaan-perusahaan yang high-tech, teknolog menjadi sumber daya utama yang sangat menentukan. Bagi perusahaan telekomunikasi, seperti PT Telkom, PT Indosat dan sejenisnya penguasaan teknologi terbaru menjadi penentu untuk mewujudkan value proposition yang dijanjikan kepada pelanggan.
Intelektual
Sumber daya intelektual seperti brand, hak paten, hak cipta, produk database kini menjadi komponen yang semakin penting dalam model bisnis. Merek Aqua, misalnya, menjadi sumber daya yang sangat bernilai bagi Aqua Group. Perusahaan-perusahaan jasa keuangan dan perbankan, menjadi database pelanggan sebagai sumber daya untuk menawarkan produk atau memberi pelayanan yang sesuai.
Channels
Saluran distribusi kini juga menjadi sumber daya yang penting. Bagi perusahaan consumer good saluran distribusi untuk produk mereka menjadi sangat penting. Demikian pula bagi P&G, saluran distribusi menjadi sumber yang krusial untuk bersaing dengan unilever, misalnya.
Dalam menetapkan Key Resources, organisasi harus fokus untuk mengidentifikasi sumber daya yang sangat dibutuhkan dan penting untuk merealisasi value proposition. Meskipun demikian, untuk unggul, perusahaan juga harus bisa memilih Key REsources yang unik, yang membedakan dengan pesaingnya.
Sumber : Buku Business Model Canvas
Category:

Tinggalkan Balasan