26
- Februari
2019
Posted By : admin
Key Activities
Key Activities adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan organisasi untuk menciptakan produk atau jasa yang dibutuhkan pelanggan, menyampaikannya kepada pelanggan, membina hubungan dengan pelanggan, serta mengelola pendapatan sebagai hasil penjualan produk/jasa dari pelanggan.
Setiap organisasi memiliki beragam aktivitas. Dalam pengembangan model bisnis, yang perlu didesain hanyalah aktivitas utama (Key Activities) saja.
Ciri-ciri Key Activities di antaranya adalah:
  • Kegiatan yang diperlukan untuk menghasilkan Value Propositions
  • Menyalurkan Value Propositions kepada pelanggan
  • Kegiatan untuk menjalin hubungan dengan pelanggan
  • Kegiatan untuk menangani aliran pendapatan
Keempat jenis aktivitas tersebut harus dilakukan secara optimal untuk menghasilkan kinerja bisnis yang naksimal. Perhatian yang berlebihan pada salah satu jenis aktivitas, namun mengorbankan aktivitas yang lain akan menyebabkan kondisi sub-optimal. Produk atau jasa yang bagus tidak serta merta akan menghasilkan pendapatan tinggi apabila tidak ditunjang dengan penyampaian yang baik. Sebaliknya, upaya penjualan atau penyampaian produk yang bagus namun tidak titunjang dengan mutu produk yang bagus akan sulit untuk bisa menghasilkan nilai penjualan yang tinggi, kepuasan pelanggan, dan pendapatan yang baik.

Sumber : Buku Business Model Canvas

Category:

Tinggalkan Balasan