26
- Februari
2019
Posted By : admin
Karakteristik Cost Structure
Masih menurut Alexander Osterwalder dan Yves Pigner, Cost Structures memiliki karakteristik sebagai berikut: Fixed Cost, Variable Cost, Economies of Scale, dan Economi of Scope.
Fixed Cost. Biaya tetap adalah biaya yang harus dikeluarkan tanpa dipengaruhi oleh volume aktivitas ataupun jasa dan produk yang dihasilkan. Contoh dari fixed Cost adalah gaji pegawai, pengadaan dan pemeliharaan pabrik. Perusahaan mobil misalnya harus tetap mengeluarkan biaya pengadaan dan pemeliharaan pabrik maupun pegawai yang sudah direkrut meskipun produksi terhenti.
Perusahaan Listrik Negara (PLN) juga merupakan jenis perusahaan yang porsi Fixed Cost-nya besar.
Variable Cost. Biaya variabel adalah biaya yang dikeluarkan mengikuti jumlah produk/jasa yang dihasilkan. Contoh biaya variabel adalah biaya bahan mentah. Beberapa model bisnis memiliki porsi biaya variabel yang besar. Perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang event organizer memiliki variabel cost yang dominan.
Economies of Scale. Struktur biaya yang meningealkan Economies of Scale memanfaatkan volume produk/jasa yang dihasilkan untuk menurunkan biaya.
Economies of Scope. Struktur biaya yang mengandalkan Economies of Scale memanfaatkan volume aktivitas untuk menurunkan biaya.
Sumber : Buku Business Model Canvas
Category:

Tinggalkan Balasan