24
- Januari
2019
Posted By : admin
Proposal Bisnis dan Studi Kelayakan
Aktivitas bisnis selalu tidak lepas dari karya tulis bernama proposal. Proposal adalah pengajuan yang disusun secara tertulis dengan memuat latar belakang atau dasar pemikiran mengajuan proposal, maksud dan tujuan, bentuk kegiatan, benefit kegiatan, dan tentu saja pembiayaan. Penyusunan proposal membutuhkan teknik menulis tersendiri dengan menunjukkan langsung maksud pengajuan proposal, target yang akan dicapai, benefit yang akan diperoleh, serta biaya yang harus dikeluarkan.
Sebuah karya tulis proposal harus mampu mengomunikasikan rencana kegiatan maupun rencana bisnis lainnya secara mudah, praktis dan terpercaya. Karena itu, banyak perusahaan yang merekrut tenaga profesional untuk penyusunan proposal ini.
Selain proposal, ada pula yang disebut studi kelayakan (feasibility study) yang merupakan hasil dari kajian terhadap sesuatu bisnis agar dapat diambil keputusan untuk menjalankannya. Studi kelayakan mengandung berbagai data dan fakta lapangan serta juga penilaian dalam aspek-aspek keuangan, pengembangan, termasuk juga risiko bisnis.
Sama halnya dengan proposal bisnis, banyak para pelaku bisnis memerlukan keahlian seorang penulis untuk menyusun studi kelayakan dan menggambarkan secara detail berbagai aspek berbagai aspek sehingga para pengambil keputusan dapat memahaminya.
Turunan dari proposal maupun studi kelayakan secara tertulis adalah persentasi bisnis yang biasa disajikan dengan format powerpoint. Tentu kembali dibutuhkan keahlian untuk menampilkan bagian-bagian yang penting saja di dalam format oresentasi serta dilengkapi dengan visualiasi menarik dan kata-kata yang langsung menyiratkan makna.
Peluang dalam jasa penulisan seperti ini termasuk sangat terbuka luas seiring tumbuhnya berbagai bisnis yang memerlukan proposal untuk pengembangannya. Satu proposal dapat berharga jutaan hingga belasan juta bergantung pada tingkat kesulitan dan materi yang disajikan.
Sumber : buku Karier Top Sebagai Penulis
Category:

Tinggalkan Balasan