18
- Januari
2019
Posted By : admin
Menjadi Penulis Buku
Pilihan menjadi penulis buku adalah pilihan yang baik bagi Anda yang terjun di dunia tulis-menulis. Pendeknya, profesi sebagai penulis buku atau menghasilkan karya tulis buku adalah induk dari semua bidang tulis-menulis. Sangatlah menyedihkan jika Anda dikenal sebagai penulis artikel dan esal jempolan, tetapi tidak menghasilkan karya buku.
Karya buku juga memberikan Anda kesempatan mendapatkan passive income berupa royalti yang dapat Anda terima pada setiap enam bulan (semester) ataupun setiap tahun. jadi, selama buku ini masih berada di pasar dan masih dicetak ulang, selama itu pula Anda akan mendapatkan imbalan royalti terus menerus.
Banyak sekali jenis karya buku yang dapat Anda pilih sebagai spesialisasi ataupun sebagai lahan karier yang menjanjikan, yaitu
  1. Buku Anak/Remaja
  2. Buku bisnis
  3. Buku Panduan
  4. Buku Sastra
  5. Buku Biografi/Autobiografi
  6. Buku Kisah Nyata
  7. Buku Perjalanan
  8. Buku Agama
  9. Buku Kesehatan
  10. Buku Hobi
  11. Buku Referensi
Sebagai penulis buku, Anda dapat mengeset diri menjadi penulis mandiri ataupun penulis jasa. Jika Anda memilih jalur sebagai penulis buku mandiri, tentu Anda harus berjuang mengajukan banyak naskah kepada penerbit dan hidup dari royalti ataupun bayaran putus (flat fee). Anda pun dapat memilih jalur penerbitan swakelola (self-publishing), yaitu dengan mencoba menerbitkan sendiri buku Anda, lalu memasarkannya juga sendiri sehingga Anda memperoleh dua benefit sekaligus, yaitu royalti dan keuntungan dari penjualan.
Jalur lain adalah memilih sebagai penulis jasa, yaitu menjadi co-writer buku ataupun ghost writer buku. Lalu, ada juga pilihan menari sebagai perajin buku (book packager) sehingga Anda secara proaktif menjemput bola menawarkan satu paket buku siap cetak (dummy) kepada para penerbit. Selain itu, dapat pula penawaran dalam bentuk konsep-konsep dan ide-ide buku untuk dipresentasikan ke penerbit. Sebagai book packager, Anda tentu sudah melangkah menjadi sebuah perusahaan bisnis jasa.
Sumber : buku Karier Top sebagai Penulis
Category:

Tinggalkan Balasan