18
- Januari
2019
Posted By : admin
Memilih Spesialis Diantara Banyak Pilihan
Ada dua pilihan yang ditawarkan di dalam dunia kepenulisan yaitu : 1) menjadi generalis 2) menjadi spesialis. Jika Anda memilih menjadi generalis, tentunya Anda memang harus mengasah keterampilan tulis-menulis dalam berbagai format tulisan termasuk menguasai juga beberapa bidang pengetahuan. Kalau Anda memilih menjadi spesialis, misalnya :
  1. Spesialis dalam penulisan akademik, yaitu makalah, laporan silabus, laporan hasil penelitian, dan sebagainya dalam konteks ini Anda tidak disarankan untuk menjadi spesialis penulisan skripsi, tesis, atau disertai dengan maksud membantu kelulusan seseorang diperguruan tinggi
  2. Spesialis dalam penulisan kehumasan atau kesekretarisan, yaitu press release, advertorial, teks pidato, surat dinas, notula, dan sebagainya
  3. spesialis dalam penulisan bidang teknik, yaitu proposal teknik, laporan teknik, buku panduan (manual book), studi kelayakan dan sebagainya.
  4. Spesialis dalam penulisan untuk anak-anak, yaitu cerita anak, cerita bergambar, buku panduan edukasi anak.
  5. Spesialis dalam penulisan resensi atau kritik, yaitu resensi film, resensi buka
  6. Spesialis dalam penulisan bidang parenting, yaitu artikel tips dan trik, feature.
  7. Spesialis dalam penulisan bidang religi atau dakwah, yaitu khotbah, artikel dakwah, buku religi, kumpulan doa
  8. Spesialis dalam penulisan bidang komputer, yaitu artikel how to, tips dan trik, buku panduan komputer, buku petunjuk (manual).
Di luar daftar tersebut, masih sangat banyak penulis yang mengambil jalur spesialis di indonesia, baik sebagai penulis mandiri maupun sebagai penulis jasa. Lalu bagaimana dengan penulis generasi?
Penulis generasi juga banyak bertebaran di indonesia, sebut saja seperti Andrias Harefa. Andreas Harefa pada awalnya adalah penulis spesialis bidang MLM yang kemudian merambah menulis bidang-bidang lainnya. Nama lain adalah R. Masri Sareb Putra yang juga dapat menulis bidang fiksi maupun nonfiksi, khususnya komunikasi. Selain itu, yang juga seorang master penulisan dan generalis adalah Aswendo Atmowiloto.
Sumber : buku Karier Top sebagai Penulis
Category:

Tinggalkan Balasan