18
- Januari
2019
Posted By : admin
Memasarkan Diri Sebagai Penulis
Tiga hal yang penting dalam penulisan profesional adalah 1) menciptakan prospek/peluang 2) memasarkannya; 3) menjualnya. Bidang penulisan sebagai profesi ataupun bisnis memerlukan kelihaian Anda untuk mengomunikasikannya, di samping mengedukasi banyak orang bahwa tulisan yang baik itu penting dan tulisan yang berpengaruh itu juga penting.
Memperbanyak Portofolio
Saya mengajukan pertanyaan seberapa banyak portofolio penulisan Anda. Jawablah sesuai dengan faktanya
  • Berapa banyak artikel/featur atau tulisan Anda yang sudah dimuat di media massa skala lokal maupun skala nasional
  • Berapa banyak buku yang sudah Anda tulis, baik secara mandiri ataupun secara bersama dengan orang lain?
  • Apakah Anda pernah menulis untuk bidangiklan kreatif seperti   atau musik?
  • Apakah Anda pernah mengikuti sayembara penulisan dan menjadi juara?
  • Apakah Anda sudah pernah bekerja dengan beberapa klien bidang bisnis?
  • Apakah Anda juga memberikan konsultasi penulisan dan training penulisan?
Portofolio penulisan yang menunjukan reputasi dan prestasi Anda di bidang penulisan patutlah Anda tonjolkan dan tambah terus-menerus untuk meyakinkan penerbit atau
pun klien penulisan  Anda kelak.
Mengikuti Sayembara Penulisan
Kepentingan mengikuti sayembara bagi karier kepenulisan Anda bukanlah untuk dijadikan lahan mencari nafkah. Memang ada saja  penulis yang dijuluki spesialis sayembara. Artinya, pekerjaannya adalah mengikuti sayembara kepenulisan dan merasa senang mendapatkan imbalan dari keberhasilannya menjadi juara.
Magang

mencoba magang pada perusahaan media ataupun perusahaan penerbitan akan membantu Anda memantapkan karier kepenulisan. Tentu saja Anda harus memilih magang dengan deskripsi pekerjaan sebagai penulis naskah. Kini, pekerjaan- c yang t penulisan sangat banyak bertebaran di berbagai perusahaan  dibidang kehumasan dan marketing communication.

Akrab dengan Media Sosial (promosi)
Pada zaman sekarang tentu sangatlah naif bagi Anda seorang calon penulis profesional tidak menggunakan atau memanfaatkan sosial media untuk berpromosi. Anda dapat memanfaatkan begitu banyak social media, seperti facebook, Twitter, youtube, Linkedin, MySpace, dan banyak lagi.

Menyiapkan Curriculum Vitae dan Proposal
Penyiapan curriculum vitae (CV) dan proposal sama pentingnya dengan penyiapan diri Anda sebagai penulis dengan segenap kemampuan tulis-menulis.

Sumber :buku Karier Top sebagai Penulis

Category:

Tinggalkan Balasan