18
- Januari
2019
Posted By : admin
Asah Diri Sebagai Penulis Profesional
Apa pengertian profesional menurut Anda? Saya hanya membuat dua batasan profesional, yaitu 1) orang yang bekerja sesuai dengan asas-asas profesinya; 2) orang yang bekerja atas bayaran tertentu sebagai imbalan atas profesinya. Dengan demikian, ketika ada yang mengaku sebagai penulis profesional maka dapat diajukan kepadanya dua pertanyaan berikut :
  • Apakah Anda penulis generalis atau spesialis bidang tertentu?
  • Berapa tarif Anda untuk sebuah proyek penulisan?
Seorang penulis profesional harus mampu menjelaskan dua pertanyaan tadi dengan mantap. Bahkan, berbagai pertanyaan lanjutan tentang profesina, seperti berapa lama biasanya dia dapat menyelesaikan sebuah proyek penulisan; bahan apa saja yang dibutuhkan; bagai mana lintas komunikasi dan informasi yang dapat memudahkan kerja penulisan bersama klien; serta apakah sebuah proyek penulis masih memerlukan penyuntingan seorang ahli?
Berikut ini lima dasar langkah demi langkah untuk mampu menulis
  1. Prewriting merupakan langkah awal stimulus ide penulisan. Anda dapat melakukan berbagai kegiatan yang mampu membangkitkan ide, seperti membaca, berjalan-jalan, bersilahturahmi atau bertemu banyak orang, menghadiri sebuah acara, bermusik, dan sebagainya.
  2. Drafting merupakan eksekusi ide secara lebih lengkap dan jelas ke atas kertas dalam bentuk peta pikiran ataupun outline (kerangka karangan). Model ini biasanya dilakukan untuk karya-karya nonfiksi untuk memudahkan arah penulisan.
  3. Revising merupakan langkah menyempurnakan tulisan apabila ada yang perlu ditambahkan ataupun bahkan ada yang tidak perlu disampaikan.
  4. Editing merupakan langkah menemukan   berbagai kesalahan yang terdapat di dalam tulisan, baik itu kesalahan bahasa, maupun kesalahan data dan fakta.
  5. Publishing merupakan langkah akhir untuk menyebarkan tulisan Anda ke publik pembaca. Karena itu, Anda pun harus memahami bagaimana karya Anda dapat diterbitkan.
Kelima langkah ini adalah pelatihan-pelatihan awal sehingga ke depan Anda sudah cukup mahir menjalaninya dalam satu rangkaian kerja penulisan. Anda perlu bahan sebanyak mungkin bacaan yang menarik minat untuk kemudian Anda latih menuangkan kembali apa yang Anda baca ke dalam tulisan.
Sumber : Buku Karier Top sebagai Penulis
Category:

Tinggalkan Balasan