18
- Januari
2019
Posted By : admin
Informasi Pendukung
Bagaimanapun dunia kepenulisan tidak dapat dilepaskan dari berbagai sumber informasi yang akan mendukung karier Anda. Anda tentu memerlukan berbagai sumber informasi dan referansi, untuk memantapkan karier kepenulisan, termasuk juga berhubungan dengan sesama penulis yang menjalankan bisnis penulisan. Namun, memang sangat disayangkan bahwa di Indonesia tidak terdapat asosiasi penulis secara umum, apalagi asosiasi penulis lepas (Independen). Apa yang ada hanyalah komunikasi yang tidak terbentuk dalam sebuah organisasi mapan.
Internet
Anda dapat dengan mudah berselancar di dunia maya untuk mendapatkan informasi tentang bisnis penulisan dengan kata kunci: penulis lepas atau jasa penulisan.
Pelatihan kepenulisan
Pelatihan kepenulisan dapat membantu anda berlatih menulis dengan lebih efektif atas bimbingan seorang fasilitator atau trainer. Beberapa trainer menulis di Indonesia yang cukup terpercaya dan diakui reputasinya di antaranya adalah Andrias Harefa, Edy Zaqeus, Dodi Mawardi, Hernowo, Gola Gong, R. Masri Sareb Putra, Nilna Iqbal, dan Naning Pranoto.
Sebenernya banyak pelatihan kepenulisan yang diselenggarakan di Indonesia, tetapi terdapat kecenderungan pelatihan diselenggarakan tanpa menyentuh aspek keterampilan itu sendiri. Banyak training menulis justru menonjolkan motivasi menulis tanpa mengajarkan sedikitpun bagaimana teknis memulai dan mengembangkannya.
Anda juga dapat dapat mengikuti berbagai pelatihan kepenulisan yang diadakan berbagai lembaga, seperti berikut ini:
  • Pelatihan bidang penerbitan buku yang diadakan oleh Bidang Pendidikan dan Pelatihan PP atau IKAPI Daerah.
  • Pelatihan penulisan buku maupun penulisan artikal yang diadakan oleh Writer Schoolen.
  • Pelatihan penulisan dan penerbitan buku yang diadakan oleh Trimkom.
  • Profesional Writing Training oleh PT Prakarsa Media
Sumber : buku Karier Top sebagai Penulis
Category:

Tinggalkan Balasan