13
- Desember
2018
Posted By : admin
Pelaksanaan Kerja Sama
Jika spesifikasi barang atau jasa telah ditentukan, sekarang saatnya menentukan bagaimana penyerahan barang atau pelaksanaan jasa itu dilakukan dan bagaimana proses transaksi itu dilaksanakan. Anda dapat membuat sendiri barangnya (produksi) atau membelinya dari supplier, tetapi dalam kontrak Anda punya pilihan untuk tidak menjelaskan dari mana barang itu berasal karena kepentingan buyer Anda hanyalah menerima barang itu berasal karena kepentingan buyer Anda hanyalah menerima barang dan membayar harganya.
Demikian juga dalam kontrak pekerjaan jasa. Setelah menentukan spesifikasi pekerjaan jasa, tugas berikutnya adalah menentukan bagaimana pekerjaan itu dilakukan. Jika dalam pasal mengenai ruang lingkup ditentukan bahwa pelaksana kerja wajib memberikan progres report dan pemberi kerja berhak untuk memberikan arahan-arahan, konsentrasilah pada proses evaluasi kerja dengan menggunakan kedua metode tersebut. Anda dapat menyepakati penyerahan progres report itu berdasarkan periode waktu tertentu melalui email dan membatasi arahan-arahan.
Jika proses transaksinya terlalu rinci dan prosedurnya tampak rumit, mungkin Anda perlu membatasi diri. Anda tidak perlu menjejalkan seluruh pelaksanaan transaksi itu dalam satu pasal. Disini ruang Anda juga terbatas. Anda bisa memilih proses transaksi utama, sedangkan isu tambahan yang tidak kalah pentingnya bisa Anda sampaikan dalam pasal-pasal tersendiri.
Sumber : Panduan Membuat Kontrak Bisnis
Category:

Tinggalkan Balasan