24
- Juli
2018
Posted By : admin
Model Komisi

Banyak startup dari berbagai sektor menerapkan model bisnis yang satu ini. Seperti startup di sektor transportasi yang sempet disinggung sebelumnya juga menganbil komisi dari penghasilan para drivernya. Umumnya, mereka mengambil komisi sekitar 20%. Komisi juga diambil startup Swap.com yang mengambil 25% dan plus $1,5 per item terjual. LabSatu.com juga menerapkan komisi dari setiap transaksi yang terjadi di LabSatu.com untuk barang-barang yang dijual oleh merchant atau vendor

Model komisi diterapkan secara garis besar oleh startup yang menyediakan platform bagi pihak ketiga untuk menjual produk atau layanannya melalui platform tersebut. Startup tersebut yang akan melakukan investasi terhadap pengembangan platform sehingga mudah digunakan oleh para pengguna dan bagi penjual produk atau layanan yang bergabung di dalamnya tidak perlu lagi mengembangkan platform sendiri. Pada praktiknya model komisi ini digunakan secara luas oleh para pelapor startup digital dan dikombinasikan dengan model bisnis lain, seperti eBay yang menetapkan kepada para pengguna membayar sejumlah fee untuk listing dan selling melalui platform-nya.

Startup lokal ini sedang naik daun namanya saat buku ini dicetak. Kehadiran startup ini menjawab permasalahan mencari guru itu susah atau sebaliknya, bagi orang yang mencari penghasilan tambahan melalui mengajar mencari murid itu susah bisa diselesaikan platform yang ditawarkan startup satu ini. Apakah nama startup tersebut? Jika Anda menebaknya ruangguru.com, Anda tepat! Sejak kehadirannya di ranah online, ruangguru.com sangat membantu para pengguna dalam menemukan calon guru atau calon murid dengan mudah. Anda bisa sebagai murid atau guru sekaligus. Mengusung slogan “Belajar Apa pun dari Siapa pun”, Anda bisa memilih banyak pilihan pelajaran yang bisa dipilih.

Model komisi juga digunakan oleh ruangguru.com untuk mendapatkan penghasilan. Setiap sesi pengajaran yang dilakukan oleh seorang guru, ruangguru.com akan memotong komisi sebesar 20% dari total biaya yang dibayarkan oleh murid. Oleh karena itu, bila Anda seorang guru, perlu memikirkan biaya ajar yang sudah memperhitungkan komisi yang akan dipotong oleh ruangguru.com sehingga Anda menerima uang yang sesuai harapan.

Poin

  1. Model komisi diterapkan oleh startup yang menyediakan platform kepada pihak ketiga untuk menjual produk atau layanannya melalui platform tersebut.
  2. Besaran komisi akan berbeda-beda, dengan besaran ada yang berbentuk pesentase dan yang berbentuk nominal tertentu dengan syarat jumlah transaksi di platform startup tersebut.

Sumber : Buku Startup Business Model

Category:

Tinggalkan Balasan