24
- Juli
2018
Posted By : admin
Franchise

Model franchise adalah model bisnis yang menduplikasi bisnis yang sudah berhasil untuk ditiru dan dibuka dibuka di lokasi lain. Dalam dunia bisnis konvensional, seorang entrepreneur membuat bisnis dan setelah berhasil, diduplikasi melalui model franchise. Dengan model ini, pembeli franchise atau disebut franchise bisa membeli merek franchise tersebut dan sistem yang telah terbukti berhasil dari penjual franchise atau franchisor. Franchisor menjual hak franchise kepada franchise berdasarkan teritori hjvvtertentu. Sebagai franchisor, entrepreneur perlu memberi dukungan kepada franchisee secara kpntinu, dalam hal training, suplai produk, dan sebagainya. Daripada mengandalkan dana dari kantong sendiri, entrepreneur bisa mengandalkan dana dari franchisee untuk membuka jaringan tokonya secara cepat. Jika melihat model bisnis seperti ini, model franchise ini kurang pas diterapkan di bisnis online.

Sebuah website www.thebest.co.uk menjawab keraguan ini. Website thebest.co.uk menjangkau 300 lokasi di seluruh UK. Situs ini menyediakan konten untuk mencari peluang bisnis di UK. Didirikan sejak 2005, saat ini website tersebut telah mempromosikan 30.000 bisnis di seluruh UK. Setiap pembeli franchise dipilih berdasarkan area yang belum terlayani untuk melayani bisnis dan komunitas lokal di area tersebut untuk dipromosikan melalui website ini. Satu individu, partner, atau tim yang terpilih sebagai franchisee selain mempromosikan via online, juga bisa dilakukan offline dengan paket program pemasaran yang inovatif untuk seluruh bisnis di UK. Hingga buku ini dicetak, sudah 150 franchisee yang telah bergabung ke model franchise yang ditawarkan oleh thebestof.co.uk.

OrderUP merupakan startup pemesanan makanan secara online mengembangkan digital franchise untuk pengembangan cabang ke area-area yang belum terlayani oleh mereka di seluruh Amerika. Calon-calon franchisee mereka adalah partner lokal di lokasi tersebut yang akan bekerja sama dengan restoran lokal dalam penyediaan menu makanan yang akan dijual melalui platform OrderUp. Sebagai franchisee, anda bisa menjalankan bisnis sendiri dengan biaya 42.550 dolar. Order sebagai franchisor akan menyediakan segala teknologi, menangani menu, dan menyediakan call center 24 jam untuk mendukung pemilik restoran. Sebagai franchisee , Anda bekerja sama dengan restoran lokal di kota Anda untuk menawarkan promosi ke para konsumen. Franchise mendapatkan komisi 10 hingga 14% di setiap pesanan konsumen melalui platform lokal OrderUp. Orderup sendiri memotong 5% dari setiap pesanan.

Sumber : Buku Starup Business Model

Category:

Tinggalkan Balasan