23
- Juli
2018
Posted By : admin
Try Before You Buy

Model ini merupakan modifikasi dari model sewa. Konsumen selain diminta membayar sejumlah sewa dengan nominal tertentu, mereka juga diberi kesempatan untuk membeli produk yang disewanya. Stratup Arsicle adalah startup yang berhasil menerapkan model ini. Artsicle adalah startup yang menjembatani para seniman lukis untuk menjajakan lukisannya di platform online Artsicle. Para pelanggannya diminta membayar sewa 50 dolar per bulan untuk lukisan yang disewanya, tetapi bila pelanggan tersebut ternyata menyukai lukisan tersebut maka pelanggan memiliki opsi untuk membelinya.

Model bisnis mencoba sebelum membeli merupakan hal yang lazim di dunia retail konvensional khususnya fashion. Anda bisa mencoba baju yang ingin dibeli terlebih dahulu sebelum memutuskan jadi membelinya. Namun, ketika model bisnis ini dibawa ke dunia startup teknologi, apakah akan berhasil? Jawabannya, berhasil. Contoh dua startup dunia yang berhasil menerapkan ini adalah Worby Parker yang menjual kacamata dan Casper yang menjual kasur tidur. Bagaimana kebijakan mereka dalam menerapkan model ini?

Warby Parker menawarkan pelanggan memilih 5 pasang kacamata untuk dicoba dan mereka bisa digunakan selama 5 hari. Setelah itu, kacamata yang tidak disukai dikembalikan. Selama trial, mereka tidak membayar apa-apa, termasuk biaya kirimannya. Setelah uji coba selesai, mereka mengembalikan kacamata yang tidak disukai dan memesan kacamata yang disukai secara online. Di dunia retail konvensional, seperti toko kacamata offline, konsumen bisa mencoba kacamatanya terlebih dahulu sebelum benar-benar memutuskan jenis kacamata mana yang disukai. Inilah yang mendasari Warby Parker menawarkan model ini agar konsumen tidak ragu membeli melalui platform Warby Parker karena bisa mencoba terlebih dahulu sebelum membeli dan memilih sepasang kacamata. Uniknya Warby Parker juga menawarkan uji coba online kacamatanya.

Lain Warby Parker, lain pula casper. Casper menawarkan kasur tidur kepada konsumen secara online. Untuk menarik minat konsumen untuk membeli, Casper menawarkan model coba dulu sebelum membeli. Bentuk uji coba yang ditawarkan adalah konsumen dapat melakukan trial selama 100 hari sebelum memutuskan jadi membeli atau tidak. Satu lagi startup unik yang berhasil menawarkan model ini adalah Lumoid yang didirikan oleh eks manager program Microsoft, Aarthi Ramamurty sejak 2013 lalu. Dengan menerapkan biaya sewa rendah untuk uji coba dahulu sebelum membeli, Lumoid menawarkan 4 kategori mulai dari perangkat fotografi, drone, fitnes tracker, dan perangkat audio. Bahkan, Anda bisa sewa jam tangan keluaran Apple di situs ini.

  • Model try before you buy dijalankan oleh startup yang menyediakan sampel atau percobaan kepada konsumennya sebelum mereka memutuskan membeli.
  • Percobaan ini gratis agar konsumen tertarik untuk mencoba
  • Model percobaan dan dikombinasikan dengan model sewa perbulan, seperti yang diusung oleh startup Artsicle berjalan berhasil sehingga pembeli lukisan bisa melihat dan merasakan feel dari sebuah lukisan lebih dahulu sebelum memutuskan membelinya

Sumber : Startup Business Model

Category:

Tinggalkan Balasan