20
- Juli
2018
Posted By : admin
Bisnis Model Sewa

Dibandingkan membeli yang harus membayar sejumlah besar uang di depan, untuk konsumen tertentu, lebih baik menyewa. Ya, model bisnis sewa bukanlah hal baru. Rumah, mobil atau komputer adalah beberapa produk yang biasa disewakan. Produk-produk yang cocok untuk disewakan adalah produk-produk yang mempunyai harga fix tertentu dan yang kemudian dihitung apabila disewakan akan menjadi harga berapa sewanya. Namun, untuk subbab ini akan saya ceritakan satu startup unit yang menyewakan teman. Teman? Ya, teman! Nama startup-nya, RentAFriend.com. Sesuai namanya, startup ini menyediakan Anda teman yang siap menemani untuk datang ke kegiatan atau event-event sosial, pernikahan, atau pesta bersama Anda. Anda bisa menyewa teman yang bisa anda ajak pergi nonton, ke restoran, sekedar jalan-jalan, mengajari skill atau hobi baru, atau sekadar teman untuk bercerita dan bersahabat. RentAFriend menyediakan teman dari seluruh dunia. untuk menyewa teman melalui situs ini, mnda cukup mengeluarkan uang sebesar 10 dolar.

Untuk level dunia, startup Airbnb merupakan salah satu startup unicorn yang mengimplementasikan model sewa, yaitu memfasilitasi para pemilik properti untuk menyewakan kamar-kamarny yang tidak digunakan kepada tamu. Kini dalam hitungan belum genap 10 tahun, valuasi nilai startup Airbnb yang telah mencapai 24 miliar dolar pada 2015 telah mengalahkan jaringan Hotel Hyatt, Marriot, atau Hilton yang sudah beroperasi puluhan tahun. Airbnb kini menjadi salah satu panutan startup mana pun di dunia. Startup lainnya adalah Spinliser. Startup ini ingin menjadi seperti Airbnb-nya persepedaan. Ya, anda bisa menyewa sepeda dari orang lain melalui platform ini.

Startup lainnya yang menerapkan ,odel sewa adalah Rent The Runway yang menyewakan baju pesta dan aksesori lainnya (seperti tas tangan, kacamata, dan lain-lain) untuk event-event spesial. Startup ini menawarkan opsi layanan sewa tidak terbatas pada produk mereka dengan biaya bulanan hanya 139 dolar. Layanan baru ini membuat 40.000 prang rela antre untuk bisa masuk ke layanan tidak terbatas yang ditawarkan oleh Rent The Runway. Pada 2015, startup ini menjulang pendapatan berkisar 70-90 juta dolar.

Model sewa diterapkan beberapa startup dengan tujuan agar para penyewa tidak perlu membeli dan mengeluarkan uang besar di awal, tetapi tetap bisa menggunakan produk yang ingin disewa dalam kurun waktu tertentu. Model sewa bisa digunakan bersama model langganan sehingga pembeli menyewa dalam sistem langganan untuk waktu tertentu. Model sewa dapat ditawarkan oleh startup dengan menawarkan layanan tidak terbatas seperti yang diterapakan oleh Rent The Runway.

Sumber : Buku Startup Business Model

 

Category:

Tinggalkan Balasan