19
- Juli
2018
Posted By : admin
Model Bisnis Bayar per View

Vimeo sebagai situs vidio streaming juga menerapkan model bisnis pay per view (bayar per tontonan). Pembuat atau peng-upload vidio dapat mengelola berapa biaya yang dikenakan kepada penonton videonya per sekali tonton. Model bisnis ini banyak digunakan di industri televisi. Para pengguna hanya membayar apa yang mereka mau tonton. Berlin Philharmonic, tempat penyelenggara konser orkestra di Kota  Berlin. telah menanamkan investasi yang tidak sedikit agar konser orkestra di tempatnya dapat ditonton secara langsung melalui sebuah platform online dan mereka menerapkan model pay per view untuk menonton vidio streaming konser live mereka dan mengakses arsip vidio konser yang telah berlangsung di waktu-waktu yang lalu.

Tidak jauh berbeda dengan kota berlin, Kota New York mempunya Opera Met (New York’smMetropolitan Opera). Awalnya, Opera Met hanya fokus pada penonton di Amerika dan Kanada. Pada 2015 lalu Opera Met berhasul men-streming-kan opera yang ditonton oleh 2,5 juta orang dari 54 negara dan mendatangkan pundi-pundi uang yang sangat banyak mencapai hingga 20 juta dolar. Beberapa kota lain yang mempunyai opera atau pertuntukan musih juga melirik hal yang sama seperti di Kota London, London’s Royal Opera House men-streaming-kan beberapa pertunjukannya. Pada 2015 lalu, mereka berhasil mestreaming-kan pertunjukannya ke 38 negara secara live.

Sementara itu, Kota Madrid memiliki Madrid’s Teatro real yang melakukan streaming pertunjukan-pertunjukannya dan juga menyediakan sebuah platform online khusus bernama Palco Digital. Bila diambil kesimpulan, model bisnis ini sangat tepat digunakan oleh startup yang bergerak di bidang video, televisi, atau seni pertunjukan. Ini hal baru menurut saya apabila ada seni pertunjukan seperti teater di Indonesia yang bisa men-streaming-kan pertunjukan live-nya sehingga penonton dari berbagai kota di Indonesia dapat menikmati pertunjukan tersebut. Hal ini tentu akan menambah pundi-pundi uang bagi teater tersebut.

Sumber : Startup Business Model

Category:

Tinggalkan Balasan