18
- Juli
2018
Posted By : admin
Model Digitalisasi

Belasan tahun lalu, sebelum hadirnya dunia internet, kita selalu was-was menanti kiriman surat dari kerabat yang diantar oleh tukang pos. Kerabat yang mengirim surat telah menelepon memberi kabar bahwa ada surat yang telah menelepon memberi kabar bahwa ada surat yang telah dikirimnya untuk kita. Namun, berhari-hari Anda menunggu surat ibu pun belum sampai. Rasa khawatir menghantul Anda. Sejak kemunculan Hotmail yang menyediakan surat elektronik alias email, pengiriman surat pun menjadi instan. Dalam waktu hitungan detik, anda sudah dapat menerima email kiriman dari kerabat atau partner bisnis Anda.

Surat yang didigitalkan menjadi surat elektronik dan kemudian menjadi standar pengiriman surat pada era sekarang adalah contoh adalah contoh upaya didigitalisasi dari produk fisik menjadi produk maya. Model digitalisasi adalah upaya membawa produk fisik di dunia offline masuk ke dunia online. Sektor dan produk yang dibawa ke dunia online bisa berbentuk apa saja. Untuk Anda yang sudah berkecimpung di dunia bisnis offline, model digitalisasi patut dipertimbangkan agar bisnis Anda bisa diakses oleh siapa pun di dunia maya. Bahkan, restoran tradisional pun bisa didigitaisasi dan akhirnya bisa melayani bukan hanya orang-orang yang datang langsung ke restorannya, tetapi juga bisa melayani konsumen lebih luas di lokasi-lokasi berjauhan. Contohny, restoran bisa join aplikasi GoFood sehingga restorannya bisa dipesan melalui aplikasi mobile Gojek.

Contoh lainnya pengembangan produk fisik di dunia offline menjadi online adalah majalah atau surat kabar cetak yang berbondong-bondong membuat situs online-nya masing-masing, bahkan menjadi situs berita online yang disegani dan banyak diakses oleh pembaca di dunia maya. Contohnya adalah situs kompas.com dan republika.com merupakan beberapa situs berita yang sering di rujuk orang ketika menyebar berita. Contoh lain di model ini adalah kampus-kampus mulai menyediakan e-Learning untuk mahasiswa-mahasiswa yang punya keterbatasan waktu untuk belajar sehingga bisa belajar dari jarak jauh. Salah satu kampus yang terdepan dalam penerapan e-Learning adalah kampus Binus. Dalam skala dunia, kampus ternama di dunia seperti Harvad dan MIT juga menyediakan fasilitas e-Learning, baik yang berbayar maupun bisa diakses secara cuma-cuma.

Anda bisa pertimbangkan bagaimana bisnis offline bisa dibuat versi mayanya. Tujuan Anda mendigitalisasi usaha agar usaha Anda bisa semakin menjangkau konsumen yang lebih luas. Anda tidak lagi menunggu bola, mengharapkan konsumen datang ke toko tetapi pikirkan bagaimana anda tanpa mereka perlu datang ke toko, yaitu dengan cara hadir di dunia maya.

Sumber : Buku Startup Businnes Model

Category:

Tinggalkan Balasan