18
- Juli
2018
Posted By : admin
Model Bisnis Lelang

Model bisnis lelang identik dengan startup ebay, ebay yang didirikan sejak 1995 merupakan salah satu pionir dalam dunia startup teknologi. Konsep ebay mengajak para pengguna untuk menawar barang dengan cara lelang. Dalam durasi yang sudah ditentukan, pemenang lelang adalah penawar harga tertinggi dari barang yang dilelang. Barang apa saja yang dibolehkan dilelang? Barang apa saja. Bahkan, barang-barang antik yang sudah tidak terpakai oleh Anda, bisa dilelangkan melalui eBay. Saat ini lebih dari 162 juta pembeli yang aktif membeli di eBay. Pendapatan eBay di kuartal ke-4 2015 sudah menembus 2,3 milyar dolar dengan pendapatan bersih mencapai 523 juta dolar, eBay sendiri sudah melantai di bursa saham Nasdaq dengan kode EBAY.

eBay sebuah platform marketplace lelang yang ingin menjembatani penjual dan pembeli di seluruh dunia. Penjual atau pembeli di sini bisa individual atau perusahaan. Dari manakah sumber pendapatan eBay? eBay memiliki situs eBay.com dan situs eBay lokal di beberapa negara, misalnya di UK, dengan eBay UK. Sebagian besar pendapatan eBay diperoleh dari rate dari setiap transaksi yang terjadi di platform marketplace eBay. Penjual bisa memilih apakah akan menjual produknya dengan harga fix atau dengan model lelang. Selalin sebagai marketplace, ebay juga mempunyai layanan segmen bisnis melalui platform pembayaran PaypPal dan segmen enterprise. Namun, dua segmen ini telah di-spin off dan dipisahkan dari eBay sebagai platform marketplace.

eBay memberikan pengguna untuk mendaftarkan 50 produknya secara gratis setiap bulannya. Namun, bila melebihi dari 50 produk, eBay mengenakan biaya tergantung dari kategori produk bersangkutan. Untuk produk dengan harga tetap pada kategori buku, DVD dan film, music, serta vidio game, dikenakan 5 sen dan untuk kategori lain baik model lelang maupun harga fix dikenakan 30 sen. Di luar itu, eBay mengambil komisi 10% dari seluruh penjualan yang terjadi di platform-nya. Namun, besar komisi ini maksimum 250 dolar. Pengguna juga dapat membayar uang ekstra sebesar 35 sen untuk menampilkan gambar yang lebih besar pada produk yang dilelang atau membayar ekstra 50 sen untuk menaruh deskripsi produk yang lebih lengkap. Biaya-biaya ini tergantung dari model listing dari produk bersangkutan, baik itu lelang atau harga fix dan durasi listing yang dimulai dari tiga hari hingga satu bulan.

Adakah startup lokal sejenis yang mengusung model bisnis lelang yang juga berhasil? Model bisnis ini tidak begitu berhasil dipraktikkan oleh startup lokal di Indonesia. Namun, di negara tetangga kita di Malaysia, ada sebuah startup Sold.my yang mendapatkan respons bagus dari para pengguna di negaranya. Hingga akhirnya mereka bisa berekspansi ke Singapura dengan nama Sold.sg dan rencana mau datang juga ke Indonesia. Patut dicermati apakah mereka bisa berhasil kelak jika masuk ke Indonesia?

  • Model lelang memfasilitasi antara penjual yang ingin melelang barangnya dan pembeli yang ingin membeli barang lelang.
  • Model lelang memiliki mekanisme siapa penawar tertinggi, akan menjadi pemenang lelang.
  • Di setiap transaksi lelang yang terjadi, startup dapat mengutip komisi atau biaya lelang kepada penjual.
  • Barang yang dijual melalui model lelang bisa berupa apa pun. Bahkan, barang-barang antik juga bisa dijual melalui lelang.
  • Model lelang umumnya untuk mendapatkan penawaran tinggi dari pembeli kepada penjual, tetapi dengan modal lelang terbalik bisa mendapatkan penawaran terendah dari penjual untuk pembeli

Sumber : Buku Startup Business Model

Category:

Tinggalkan Balasan