17
- Juli
2018
Posted By : admin
Pembayaran Mikro

Pembayaran mikro memiliki arti pembayaran transaksi dengan jumlah nominal rendah di internet. Adapun jenis transaksinya dapat berupa artikel di sebuah situs, lagu, atau yang lainnya. Transaksinya juga tidak mesti harus dengan uang, bisa berupa bentuk lain yang non-moneter. Model pembayaran mikro ini semakin familiar ketika Apple menjual konten untuk perangkatnya, seperti menjual satu lagu untuk mengisi iPod-nya. Jika dibandingkan dulu, konsumen harus membeli satu CD yang berisi lebih dari satu lagu, dengan model pembayaran mikro, pengguna bisa membeli satu lagu saja

Implementasi model ini ada yang dikombinasikan dengan tagihan telepon sehingga pengguna membayar pembayaran mikro sekalian dengan tagihan teleponnya. Contohnya adalah startup aplikasi mobile yang bernama Mugipay yang mengkombinasikan platform online PayPal dengan aplikasi pesan instan, seperti Whatsapp dan line sehingga penggunanya tidak perlu keluar aplikasinya jika mau melakukan pembayaran mikro ke pengguna lain. Secara singkat, pembayaran mikro adalah pembayaran dengan nominal kecil untuk konten di internet, dengan nominal berkisar 1-2 dolar. Adapun kontennya bisa berupa e-Book, lagu, artikel, atau yang lainnya. Model ini cocok untuk startup penyedia konten yang hendak menyasar pengguna dengan jumlah yang masif dengan iming-iming konten dengan harga yang sangat terjangkau, seperti yang dilakukan oleh Apple melalui iTunes-nya.

Sebuah startup di Belanda bernama Blendle berupaya mengubah cara orang berlangganan koran dan majalah dengan menawarkan pembayaran mikro untuk jurnalisme, yaitu pembayaran per artikel, bukan harus seluruh artikel di suatu koran atau majalah sehingga bisa menggaet pembaca muda. Blendle menuai sukses, dalam kurun waktu setahun telah berhasil menggaet lebih dari 250.000 pengguna. Mayoritas pengguna berasal dari Belanda dan berusia kurang dari 35 tahun. Ini sebagai bukti bahwa orang mau membayar untuk jurnalisme yang berkualitas. Mereka juga berhasil mendapatkan lisensi untuk menjual koran New yourk Times, Wall Street Journal, Washington Post, dan masih banyak lagi. Namun, beberapa analisis dari startup ini setelah satu tahun berjalan, orang tidak ingin membayar untuk sesuatu yang mereka bisa dapat dari mana-mana secara gratis, tetapi mereka rela membayar artikel yang berupa analisis, opini terhadap sesuatu, interview panjang, atau hal-hal seperti tersebut. Dengan kata lain, orang rela membayar bukan untuk artikel yang bercerita tentang apa yang terjadi, melainkan artikel yang menceritakan ada apa di baliknya.

Beberapa startup dunia menerapkan model pembayaran mikro. Salah satunya PayPal yang mendefinisikan pembayaran mikro sebagai pembayaran dalam jumlah nominal kurang dari 12 dolar. Jika transaksi kurang dari 12 dolar, PayPal akan mengenakan biaya lebih rendah untuk transaksi tersebut. Untuk pembayaran mikro, PayPal mengenakan biaya hanya 0,05 dolar dan 5%, sedangkan normalnya PayPal mengenakan 0,3 dan 2,9%.

Sumber : Startup Business Model

Category:

Tinggalkan Balasan