17
- Juli
2018
Posted By : admin
Model On-Demand

Dengan semakin menjamurnya smartphone dengan harga terjangkau, memudahkan para pengguna untuk mengakses situs atau aplikasi mobile sebuah startup dan mengorder kebutuhannya secara cepat. Model on-demand seperti mau pesan makanan, Anda bisa langsung pesan dan anda bisa terima pesanan dalam hitungan jam. Anda mau mencari jasa pijat, bisa gunakan smartphone Anda untuk memesan jasa tersebut. anda mau mencari mobile untuk pindahan, bisa pesan segera kendaraan tersebut. Anda mau menggunting rambut, bisa memesan layanan salon melalui aplikasi do mobile Anda. Layanan- layanan tersebut layanan on-semand yang disediakan di satu startup. Saya yakin Anda bisa menebaknya, yaitu Gojek. Selain tentunya, Anda bisa memesan diantar dengan motor atau mobil melalui aplikasi Gojek ini.

Implementasi model On-Demand ini bisa diterapkan hampir d i segala sektor. bahkan jika ada kesulitan mencari tukang untuk bersih-bersih atau tukang untuk perbaiki AC, sekarang sudah tersedia layanan ini via online melalui aplikasi mobile Tukang.id. Kalau Anda ingin mencari jasa-jasa lainnya, seperti arsitek, desain grafis, fotografer, pelatih musik, guru yoga dan lainnya, Anda perlu singgah ke satrtup Seekmi. Bahkan, jika ingin cuci baju, Anda tidak perlu repot lagi. Startup AhliJasa telah menyediakan layanan ini dan juga layanan bersih-bersih rumah. Mitra AhliJasa pun telah tersebar di beberapa kota khususnya Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Startup-startup di atas menjembatani antara penyedia jasa dan konsumen pengguna jasa.

Layanan on-demand di bidang transportasi selain disediakan Gojek, yang juga mendapat popularitas tinggi di tanah air adalah Uber dan Grab. Ketiga startup ini bersaing ketat untuk menjadi nomor satu indonesia. Ketiganya menyediakan layanan serupa dibidang transportasi yaitu menyediakan motor dan mobil. selain di bidang transportasi, Gojek unggul karena memiliki layanan on-demand lainnya yang variatif yang telah disinggung tadi. Hidup lebih mudah berkat kehadiran mereka.

 Dimancanegara, terdapat 6 startup layanan on-demand terbaik di Amerika pada 2015 versi majalah Farbes, yaitu DoorDash, Postmates, Blue apron, Munchery, dan ezCater. Bahkan, yang disebut terakhir berhasil meraih valuasi lebih dari 100 juta dolar. ezCater adalah layanan on-demand untuk memesan katering secara online. Dua startup pertama Doordash dan Postmates, saling berkompetisi untuk menawarkan layanan pesan antar dari restoran dan bisnis lokal lainnya. Blue apron menawarkan layanan on-demand bahan baku dan resep untuk masak dirumah, sedangkan Muchery menyediakan makanan siap dimasak dengan cepat. Saat ini, startup terbesar di layanan on-demand di dunia masih dipegang oleh Uber, layanan ridesharing dengan valuasi lebih dari 60 miliar dolar.

Sumber : Startup Business Model

Category:

Tinggalkan Balasan