13
- Juli
2018
Posted By : admin
Model Bisnis Self-Publishing

Model self-publishing adalah model bisnis yang menyediakan para pengguna untuk menerbitkan bukunya sendiri tanpa tergantung dari penerbit besar. Siapapun bisa jadi penulis melalui platform ini.

Bayangkan jika Anda punya naskah tulisan, tetapi ketika memasukan ke beberapa penerbit besar, Anda harus menunggu waktu lama untuk menerima jawaban. Akhirnya Anda dapat jawaban, tetapi jawabannya tidak sesuai harapan, yaitu naskah Anda ditolak. Saya pun dulu ketika pertama kali menjadi penulis, memasukan buku perlu waktu hingga 3 bulan baru mendapat jawaban dari penerbit.

Apa ada solusi terhadap permasalahan yang sering dihadapi penulis tersebut? Ya, yaitu terbitkan tulisan Anda melalui platform self-publishing. Anda tidak perlu menunggu waktu lama seperti menunggu jawaban dari penerbit besar karena secara instan naskah Anda pasti diterima dan diterbitkan melalui platform ini. Salah satu startup lokal pelopor di model self-publishing adalah NulisBuku.com yang didirikan sejak 2010 lalu. Sejak kemunculan 6 tahun lalu di jagat self-publishing, NulisBuku.com semakin memantapkan dirinya sebagai platform terbesar di indonesia untuk kategori tersebut. Dalam upaya mmempromosikan platform ini, NulisBuku menciptakan NulisBuku Clubyang merupakan komunitas pencinta buku yang telah ada di 6 kota di Indonesia, seperti jakarta, Bandung, Palembang, Medan, Makasar dan Semarang. Setiap buku yang diterbitkan oleh platform ini akan dikenakan potongan untuk platform itu.

Bukannya tanpa pesaing, Nulisbuku mempunyai kompetitornya, yaitu DapurBuku dalam mengurangi dunia self-publishing di indonesia. Perkembangan dunia self-publishing yang semakin menggeliat salah satu penerbit kawakan indonesia untuk ikut terjun di dalamnya. Penerbit Mizan yang sudah eksis lebih dari 30 tahun lalu akhirnya menyediakan layanan self-publishing bagi para penulis indie yang segera secara instan menerbitkan naskahnya melalui platform-nya mizanstore.com

Format buku digital yang menjadi standar di dunia terdiri atas tiga, yaitu EPUB yang merupakan standar global dan bisa dibaca hampir di seluruh perangkat, MOBI yang merupakan format idral untuk Amazon Kindle, dan PDF yang akan sulit untuk dikonversi ke format standar buku digital. Bagi anda yang berfikir untuk mengembangkan startup yang menerapkan model bisnis self-publishing, misalnya dalam konteks di indonesia, startup anda apakah akan memfasilitasi penerbitan lintas platform, tidak hanya platform startup Anda sehingga peluang penjualan buku digital penulis menjadi lebih besar. Kemudian paket-paket layanan akan Anda sediakan, seperti desain cover, percetakan, pengurusan ISBN (International Standard Book Number), dan sebagainya.

Sumber : Buku Startup Business Model

Category:

Tinggalkan Balasan