21
- Mei
2017
Posted By : admin
Ide Bisnis Travel

perjalananSalah satu peluang bisnis yang masih laku di Indonesia adalah travel agent. Travel agent dibutuhkan untuk memudahkan aktivitas banyak orang. Sebut saja untuk urusan bisnis.  Ya, bisa dikatakan bahwa travel agent adalah sebuah perusahaan jasa yang sudah dibutuhkan banyak orang untuk mempermudah urusannya, baik untuk pekerjaan atau hanya sekadar berlibur. Belum lagi kesibukan seseorang membuat mereka tak memiliki waktu untuk mengurus beberapa keperluan, seperti tiket penerbangan, surat perjalanan, dan penginapan, membuat peluang bisnis travel agent semakin besar. Namun, seperti yang ada ketahui bahwa sudah menjamurnya travel agent membuat Anda harus berpikir kreatif untuk mendirikan salah satu peluang bisnis ini.

Perjalanan Bagi orang yang sering berpergian, baik ke luar kota maupun luar negeri, keberadaan biro perjalanan sangatlah penting. Perusahaan jasa ini sangat dibutuhan untuk mengurusi berbagai keperluan transportasi, mulai dari keberangkatan hingga kepulangan. Biro perjalanan mengatur semua kebutuhan kepergian sehingga seseorang tak perlu bingung memilih maskapai penerbangan, mencari jadwal kereta api, menggunakan kapal laut, atau memilih rute bus. Mereka pun kerap memberikan pertimbangan, jenis transportasi mana lebih murah namun nyaman, lebih eksklusif dengan pelayana maksimal namun harga lebih tinggi, memberikan gambaran mengenai kondisi transportasi yang ada, dan lainnya. Ketika maskapai penerbangan atau transportasi lain sedang memberikan penawaran khusus, seperti paket perjalanan, biro perjalanan pun akan memberikan penawaran dan penjelasan serta gamblang mengenai kelebihan dari penawaran khusus ini.

Tidak hanya untuk yang sering berpergian, biro perjalanan pun sangat dibutuhkan bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan wisata ke berbagai daerah, baik di dalam maupun luar negeri. Ketika Anda ingin melakukan perjalanan wisata, ke Manado misalnya, ingin menginap selama lima hari, ingin mengunjungi objek-objek wisata seperti Taman Air Bunaken, menikmati wisata kuliner, mengunjungi objek wisata budaya, sulit bagi Anda untuk mengurus semuanya sendiri. Harus ada biro jasa yang berpengalaman menangani semua kebutuhan Anda, mulai dari transportasi antar pulau, transportasi di dalam kota, penginapan, makan, program, dan lainnya.

Biro perjalanan akan menguras semuanya sehingga perjalanan wisata Anda bisa sangat menyenangkan. Anda hanya membayar paket perjalanan kemudian menikmati liburan tanpa repot mengurus ini dan itu. Akan jauh berbeda jika Anda mengurus semua kebutuhan sendiri, mulai dari memilih maskapai penerbangan, booking penginapan dan transportasi dalam kota, bahkan menentukan objek wisata yang akan dikunjungi. Mungkin hal ini dapat menekan ongkos, tetapi Anda tidak bisa menikmati perjalanan wisata dengan nyaman karena harus memikirkan sendiri semua kebutuhan Anda.  Bagaimana dengan perjalanan keluar negri? Misalnya, perjalanan wisata ke Cina, mengunjungi beberapa objek wisata di Eropa, melakukan wisata religi seperti umrah, wisata sejarah seperti mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Timur Tengah, tur kebeberapa negara di Amerika, dan lainnya. Tentu, seseorang yang akan melakukan perjalanan wisata ini sangat membutuhkan jasa biro perjalanan yang memang sudah sangat berpengalaman menangani perjalanan wisata ke luar negri. Pengurusannya pun biasanya jauh lebih kompleks dan harus dipersiapkan jauh-jauh hari dibandingkan wisata di dalam negri. Hal ini karena banyak yang harus di urus, seperti paspor, izin mendapatkan visa, memilih maskapai yang bisa mencapai daerah wisata di sana karena tidak semua maskapai bisa digunakan, kontak dengan jasa transportasi di daerah yang bersangkutan, memilih menu makanan yang halal atau sesuai dengan lidah orang Indonesia, menjelaskan aturan-aturan yang berlaku di negara lain, masalah perbedaan bahasa, dan lainnya.  Beragam penjelasan tersebut, mungkin akan membuat Anda berpikir bahwa perusahaan jasa biro perjalanan begitu penting dan sangat dibutuhkan oleh mereka yang akan berpergian. Perusahaan ini akan mengurusi segala kebutuhan selama bepergian sehingga perjalanan menjadi jauh lebih mudah, nyaman dan menyenangkan. Bayangkan jika segala sesuatunyaharus diurus sendiri. Memang biaya bisa dikenakan lebih rendah, tetapi bukan mustahil perjalanan bisa menjadi berantakan. Banyak orang yang tidak mau memikirkan hal ini kecuali perjalanannya harus menyenangkan. Dengan demikian, perusahaan jasa biro perjalanan menjadi tempat untuk mendapatkan kenyamanannya selama di dalam perjalanan.

Pangsa pasar biro perjalanan semakin bersaing dan murah dengan tetap memperhatikan keamanan perjalanan. Tambahan pulan, saat ini pemerintah terus mengampanyekan tahun wisata bagi Indonesia, berbagai daerah pun berlomba-lomba mempromopsikan objek wisata di daerahnya dengan berbagai program-program menarik. Tentu hal ini membuat banyak masyarakat semakin tertarik untuk melakukan perjalanan wisata maupun perjalanan lain. Berikut ini adalah beberapa pangsa pasar yang bisa diraih oleh biro perjalanan jika Anda kelak membangun usaha ini.  Seperti yang di awal dikatakan bahwa fungsi sebuah travel agent bukan hanya untuk pekerjaan saja. Ada banyak sekali jenis travel agent, di antaranya adalah travel haji, umrah Haji, Umrah, Tour wisata domestic, Tour wisata mancanegara, Tiket pesawat domestic, Tiket pesawat internasional, Penukaran uang atau Money changer, voucher hotel dan reservasi hotel. Nah, ini yang harus Anda pilih. Apakah Anda hanya menawarkan rout wisata domestik, servasi hotel, sebagai travel agent haji dan umrah, atau malah semuanya.  Dalam mendirikan sebuah travel agent, ada 3 modal yang harus dimiliki. Pertama modal personal yang meliputi tentang karakteristik Anda. Modal kedua adalah modal nominal yang bisa dihitung, misalnya seperti modal tabungan, kendaraan, kantor/bangunan, hingga badan usaha resmi. Yang ketiga adalah modal dasar profesional seperti Anda memiliki banyak kenalan dalam bidang yang sama, memiliki jaringan yang kuat dan relasi yang luas, dan sebagainya. Modal-modal inilah yang dibutuhkan jika Anda mendirikan sebuah travel agent.   Travel agent bukan hanya mengurusi pekerjaan, tetapi juga apket tur liburan. Seperti di awal dikatakan bahwa travel agent saat ini bagai jamur di musim hujan. Anda harus berpikir kreatif untuk bisa menarik konsumen. Jika Anda memiliki paket tour, sebaiknya susun kegiatan wisata yang menarik agar konsumen tak bisa melupakan moment bahagia tersebut, pun agar konsumen tak merasa dirugikan dengan nominal yang sudah dia keluarkan untuk Anda.

Sumber  : Buku Rupiah Meriah Dari Bisnis Biro perjalanan, PPM

http://id.gopher.co.id

Category:

Tinggalkan Balasan