18
- Mei
2017
Posted By : admin
Ide Bisnis Bimbingan Belajar dan Les Privat

Hasil gambar untuk bisnis private

Usaha Les privat merupakan salah satu jenis usaha yang mulia dan bergerak dalam dunia pendidikan. Pendidikan merupakan kebutuhan sangat mendasar setiap orang dan dibutuhkan sampai kapanpun juga. Sehingga peluang usaha les privat ini semakin hari semakin prospeknya cerah. Apalagi tahun-tahun belakangan ini, dimana sistem pendidikan nasional memfokuskan kepada aspek kemandirian siswa dalam belajar. Siswa dituntut untuk lebih kreatif dalam belajar sendiri tanpa ketergantungan pada guru.

Sebagian Besar orang beranggapan bahwa ukuran keberhasilan seorang siswa dalam pendidikan adalah dapat atau tidaknya siswa tersebut menggapai prestasi akademis secara maksimal. Prestasi akademis siswa tersebut menjadi ukuran bahwa ia telah mengenyam pendidikan dengan baik. Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam bidang akademis tersebut, banyak orangtua dan siswa mencari bimbingan belajar atau mendatangkan guru untuk mengajari anaknya secara privat. Tentu, sebuah peluang bisnis yang menjanjikan. Kondisi pendidikan disekolah pada umumnya, membuat banyak orangtua dan siswa yang merasa tidak puas. Beragam kendala dalam pembelajaran di sekolah biasanya dirasakan siswa, seperti kurang memahami materi pembelajaran yang dipaparkan guru, mendapatkan nilai buruk atau tidak maksimal pada pelajaran tertentu, bahkan merasa kurang atas fasilitas pembelajaran di sekolah. Sebagai alternatif belajar, banyak orangtua dan siswa menggantungkan harapannya pada kegiatan belajar di luar sekolah.

Seiring kondisi tersebut, muncul banyak lembaga bimbingan belajar (bimbel) dan les privat yang menawarkan solusinya. Dengan kurikulum pendidikan pemerintahan yang menuntut mata pelajaran yang semakin banyak, siswa sangat terbantu oleh keberadaan les privat dan bimbingan belajar. Begitu pula dengan orang tua, mereka rela mengeluarkan dana besar untuk mengikut sertakan anaknya les privat atau bimbingan belajar agar dapat menguasai berbagai mata pelajaran.  Les privat dan bimbingan belajar sangat menolong dan bermanfaat sangat besar bagi siswa. Dengan bimbingan belajar atau les privat, siswa mendapatkan manfaat belajar yang berbeda dan tidak ditemukan di sekolah. Metode yang dimiliki oleh lembaga bimbel dan les privat berbeda dengan metode pembelajaran umum di sekolah. Biasanya, metodenya lebih simpel dan tepat sasaran. Siswa pun dapat lebih fokus belajar karena jumlah siswa dalam satu kelas bimbel dan les privat jauh lebih sedikit dibandingkan jumlah murid dalam kelas di sekolah pada umumnya.

Manfaat lainnya, bimbel dan les privat membuat siswa mendapatkan kesempatan untuk mengulang kembali pelajaran sekolah. Dengan demikian, siswa mendapatkan kesempatan untuk memahami lagi materi pembelajaran. Bagi orangtua yang bekerja, peran bimbingan belajar atau les privat dapat menggantikan peran orangtua membimbing anaknya dalam mempelajari materi baru atau mengulang materi yang telah dibahas disekolah.

Bimbingan belajar dan les privat adalah bisnis yang memiliki prospek bagus. Jelas bahwa pangsa pasarnya adalah siswa yang membutuhkan bimbingan lebih dari yang didapatnya di sekolah untuk menyiapkan ujian. Les privat dan bimbingan belajar ini dibutuhkan oleh siswa dari jenjang pendidikan beragam, mulai dari jenjang SD, SMP, sampai dengan SMA. Siswa SD tingkat rendah (kelas 1) biasanya membutuhkan les baca, tulis dan berhitung (calistung). Mereka juga dituntut memiliki nilai akademis tinggi karena standar nilai rata-rata dipatok tinggi pula. Siswa yang berada di akhir setiap jenjang sekolah, umumnya ingin masuk sekolah favorit yang memiliki standar nilai tinggi. Maka, mereka akan berusaha mencari jalan dengan berbagai bimbingan belajar untuk mewujudkannya. Para siswa tersebut harus belajar lebih keras untuk dapat meraih nilai tinggi. Mereka akan mencari les privat dan bimbingan belajar untuk mendapatkan materi pelajaran dan latihan tambahan di luar sekolah.

Hal ini tidak berhenti saat siswa telah lulus dari jenjang sekolah menengah atas. Para lulusan SMA pun tetap membutuhkan bimbingan untuk mengikuti ujian memasuki perguruan tinggi favorit/negeri, baik melalui seleksi masuk secara khusus perguruan tinggi tertentu maupun mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri (SNMPTN). Ujian masuk perguruan tinggi negri ini merupakan ujian yang sangat bergengsi dan kompetitif. Siswa di berbagai daerah akan mengambil bimbingan belajar untuk berlomba berusaha masuk ke perguruan tinggi negri.

Membuka lembaga bimbel menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Lihat saja, tak sedikit lembaga bimbel yang memulai usahanya dari bisnis rumahan, sekarang berhasil diwaralabakan di berbagai kota. Bimbel dan les privat yang tergolong pada bisnis pendidikan ini kian ramai. Menurut Nasional Tutoring Association, kini jumlah individu yang menawarkan les privat meningkat tajam. Lima tahun yang lalu berjumlah 250.000 orang, sedangkan saat ini lebih dari 1 juta. Bimbingan belajar dan les privat muncul di mana-mana. Les privat dan bimbingan belajar ini dapat menjadi lahan bisnis menguntungkan karena berbiaya rendah dan tidak membutuhkan modal besar. Bisnis bimbingan belajar dan les privat dapat dimulai dari skala kecil oleh perorangan sebagai usaha sampingan, seperti mahasiswa, ibu rumah tangga, orangtua yang anaknya mengikuti home schooling, atau dapat dijadika bisnis serius secara profesional.

Sumber  : Buku Rupiah Meriah Dari Bisnis Bimbingan Belajar dan Les Privat

Category:

Tinggalkan Balasan