18
- Mei
2017
Posted By : admin
Peluang bisnis Tas

tasTas merupakan salah satu aksesoris yang paling sering digunakan dan dibutuhkan banyak orang; pria atau wanita, orangtua, dewasa, remaja, maupun anak-anak. Fungsi dan jenis tas pun sangatlah beragam untuk setiap penggunaannya. Atas dasar itulah pembuatan tas dapat menjadi peluang bisnis. Anda dapat mempelajari bisnis dimulai dengan menilik peluang bisnisnya dan aneka jenis usaha yang telah dijalankan orang lain. Selain menjadi aksesoris pelengkap penampilan seseorang, tas sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Tas digunakan untuk membawa barang dengan beragam ukuran. Apa jadinya jika tidak ada tas? tentu manusia akan sangat repot jika harus membawa beragam benda dalam satu waktu apalagi sambil menempuh perjalanan ke tempat berbeda. Tas memangbenar-benarbermanfaat bagi setiap orang untuk mempermudah dalam beraktivitas. Tas dapat dipergunakan untuk membawa pakaian, barang belanjaan, buku, dan lain-lain.

Tidak ada yang tahu persis kapan tas ini tercipta. Sejak zaman purba, tas memang sudah digunakan, meskipun bentuknya masih sangat sederhana, sebuah anyaman yang menyerupai keranjang. Mengikuti perkembangan Zaman, jenis tas menjadi sangat bervariasi. Tas yang dapat digendong di punggung disebut ransel. Tas besar untuk memuat pakaian disebut koper. Tas yang dililitkan dipinggang disebut tas pinggang. Tas membawa perlengkapan anak-anak sekolah disebut tas sekolah. Ada juga tas khusus berisi alat kecantikan  (beuty case) yang berbentuk kotak dan biasanya dipergunakan oleh kaum wanita untuk membawa peralatan kecantikannya. Bahkan pemakaian tas juga disesuaikan dengan barangyang ada di dalamnya, seperti tas laptop, tas kamera/handycam, tas ransum (untuk tempat bekal makanan dan minuman), tas mukena, dan sebagainya.

Bahan pembuat tas juga bervariasi. Ada tas yang terbuat dari kulit binatang, kertas, plastik atau kain. Bahkan, saat ini dikembangkan pembuatan tas dengan menggunakan bahan dari plastik bekas kemasan (recycle). Ada hal menarik untuk penggunaan tas oleh wanita. Tas telah menjadi gaya hidup dan simbol status seseorang. Bagi sebagian besar wanita, tas adalah gaya hidup. Tidak jarang wanita mempunyai sepuluh tas bahkan lebih. Bahkan banyak wanita yang sangat peduli penampilan, rela mengeluarkan uang puluhan juta rupiah hanya untuk sebuah tas rancangan desainer ternama.

Penggunaan tas sendiri biasanya disesuaikan dengan pakaian yang dikenakan seseorang pada saat tertentu atau disesuaikan dengan acara yang dihadirinya. Misalnya, datang ke arisan menggunakan tas A, berangkat kekantor menggunakan tas B, ke pesta tas C, ke supermarket pakai tas D. hal itu saja dapat menjadi target pasar yang empuk bagi para pengusaha tas. Tidak mengherankan jika bisnis tas menjadi salah satu jenis industri yang sangat menggiurkan bahkan menjadi industri besar. Sebut saja sedikit dari banyaknya sentra industri tas sukses, seperti Terminal Tas di Tajur Bogor, Pik di jakarta Timur dan toko tas Elizabeth di Bandung.

Berikut ini terdapat beberapa jenis tas yang biasa dikoleksi para wanita, seperti tote bag (tas yang biasanya digunakan untuk berbelanja karena bisa memuat banyak benda sekaligus), hobo bag (seperti tas lusuh yang tidak layak pakai, mempunyai desain melengkung berbentuk bulan sabit, dan berukuran cukup besar dan dibawa dibahu dengan desain nyaman), duffel bag (tas yang biasa digunakan para atlet untuk membawa perlengkapan dalam berolahraga), field bag (tas yang dahulu paling populer di medan perang, digunakan paramedis dan pembawa alat komunikasi), clutch bag (tas yang digunakan oleh wanita saat mendatangi sebuah pesta), satchel bag (tas yang memiliki sebuah tali di tengah penutup tas dan berfungsi untuk mengamankan tas agar tidak mudah terbuka), baguette bag (hampir sama dengan jenis clutch bag, tetapi jenis tas ini memiliki tali untuk memudahkan pengguna), massenger bag (tas bertali selempang yang biasanya dilingkarkan di dada), cigar box (tas yang menyerupai sebuah kotak yang biasanya terbuat dari bahan keras dan digunakan sebagai penyimpan barang atau perhiasan), pouch (tas yang terbuat dari kain, nilon, atau kanvas tipis, untuk membungkus atau menyimpan barang dari berbagai macam ukuran sehingga ukurannya pun menyesuaikan barang tersebut), kelly bag (tas berbentuk koper kecil yang terbuat dari bahan kulit), dan jelly kelly bag (tas desain tote, tetapi bahannya terbuat dari campuran karet sintetis).

Banyak sekali jenis tas yang biasa dikoleksi wanita tersebut, bukan,? Belum lagi jenis-jenis tas yang biasa digunakan oleh para pria dan anak-anak. Banyak sekali jenis tas lainnya yang biasa digunakan oleh manusia di muka bumi ini. Jadi, jika Anda ingin membuka bisnis aneka tas, Anda tidak usah merasa khawatir tidak akan sukses. Peluang bisnisnya begitu terbuka lebar. Bisnis aneka tas ini merupakan peluang menguntungkan. Namun, tentu saja untuk memulainya bisnis aneka tas ini Anda harus menyiapkan strategi yang tepat. Misalnya, Anda telah menentukan bahwa Anda akan memulai bisnis membuat tas untuk anak sekolah. Anda tetapkan alasannya bahwa setiap tahun ajaran baru, anak-anak sekolah membutuhkan tas sebagai sarana penunjangnya. Tentu hal tersebut merupakan salah satu strategi yang diterapkan dalam bisnis Anda. Setelah itu, baru Anda memikirkan strategi-strategi lainnya untuk memajukan usaha Anda, mulai dari strategi proses produksi, distribusi, hingga strategi penjualan barang.

Sumber  : Buku Rupiah Meriah Dari Bisnis Aneka Tas

Category:

Tinggalkan Balasan