17
- Mei
2017
Posted By : admin
Ringkasan Eksekutif

Ringkasan eksekutif merupakan laporan tesis, yamg menyimpulkan siap Anda, apa yang dilakukan perusahaan Anda, kemana perusahaan Anda menuju dan lasannya, dan bagaimana akan sampai ke sana. Jika mencari dana, ringkasan eksekutif akan menyatakan kegunaan dana tersebut dan membenarkan kelayakan finansialnya. Meskipun ringkasab eksekutif terdapat di awal rencana, namun paling efektif bila ditulis setelah bagian-bagian lain telah lengkap. Pada saat itu konsep Anda telah berkembang dengan baik dan semua informasi serta data finansial yang dibutuhkan telah tersedia.

Gunakan pendekatan kata kunci yang disebutkan di awal buku ini. Anda dapat menyimpulkan esensi rencana bisnis dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini:

  • Siap?
  • Apa?
  • Dimana?
  • Kapan?
  • Mengapa?
  • Bagaimana?

Ringkasan Eksekutif

Ringkasan eksekutif merupakan ringkasan isi dan tujuan rencana bisnis yang telah selesai. Ia merupakan pernyataan singkat mengenai bisnis Anda. Jika untuk internal, dan bukan untuk mencari dana. Pernyataan ini akan memberikan ikhtisar bisnis. Ringkasan eksekutif adalah gambaran mengenai tujuan perusahaan dan pernyataan tentang cara perusahaan memenuhi proyeksinya.

Jika untuk mencari dana. Ringkasan eksekutif menentukan kebutuhan dana dan membenarkan kelayakan finansialnya. Hanya dengan membaca ringkasan eksekutif, calon pemberi pinjaman atau investor akan segera melihat nama, usia, badan hukum, lokasi, sifat, dan keunikan bisnis Anda. Ringkasan eksekutif juga akan berisi gambaran singkat kinerja bisnis dan tujuannya serta rencana untuk mencapai tujuan itu. Informasi tentang tim manajemen adalah keharusan, jika Anda mencari modal ventura. Pada akhirnya, ringkasan eksekutif akan memasukan jumlah dan tujuan pinjaman atau inventaris, waktu yang dibutuhkan, kelayakan pendanaan dan pernyataan pembayaran (untuk pemberi pinjaman) atau pernyataan potensi laba atas investasi (untuk pemodal ventura).

  • Untuk pemberi pinjaman. Pusatkan pernyataan pada pengembalian dana pinjaman, karena mereka akan melihat kemampu Anda membayar bunga dan pinjaman pokok. Mereka juga ingin mengetahui kapan dana itu dibutuhkan dan apa gunanya.
  • Untuk Penyandang dana. Investor penyandang dana, secara kelakar disebut sebagai “Bank Ayah Bunda” Mereka umumnya orang kaya yang terlibat secara pribadi dalam perusahaan yang baru berdiri, meminjamkan keahlian, pengalaman dan uang. Anda mungkin akan memperoleh pinjaman walau rencananya kurang sempurna.
  • Untuk pemodal ventura. Anda perlu menunjukan cara memenuhi tujuan mereka untuk tumbuh dan menghasilkan laba. Ingatlah bahwa investor akan menjadi mitra Anda. Setelah mendanai, mereka sangat ingin masuk dalam jajaran direktur dan membantu sebagai penasihat. Secara bertahap, investor mencari tingkat keuntungan tahunan 45% hingga 60% dalam tiga hingga lima tahun.

Ringkasan eksekutif harus dapat menarik perhatian pembacanya dan menyadarkan mereka akan keunikan bisnis dan kualifikasi tim manajemen Anda. Jangan melebih-lebihkan potensi Anda. Cukup masukan proyeksi yang dapat didukung fakta. Salah satu kesalahan utama penulisan rencana bisnis adalah melebih-lebihkan proyeksi pangsa pasar dan pendapatan potensial.

Gunakan pendekatan kata kunci yang disebutkan di awal buku ini. Hendaklah singkat dan jelas. Jika untuk internal, isi ringkasan eksekutif umumnya hanya satu halaman. Namun bila hendak mencari dana, umumnya dua atau tiga halaman. Saat menulis rencana bisnis dan menyaring ide, Anda mungkin menemukan ide dan informasi baru yang ingin dimasukkan. Itulah alasannya mengapa ringkasan eksekutif paling efektif ditulis setelah membuat rencana bisnis. Karena pada saat itu seluruh informasi dan kata keuangan telah tersedia.

SumberĀ  : Buku Anatomy of a Business Plan

Category:

Tinggalkan Balasan