15
- Mei
2017
Posted By : admin
Rupiah Meriah Dari Bisnis Mainan Anak Edukatif

Peluang bisnis ada dimana-mana, dari dapur hingga teras rumah, dari pinggir jalan hingga meja restoran. Yang diperlukan adalah kemampuan Anda dalam menangkap dan memanfaatkan peluang tersebut secara maksimal. Sebelum membahas lebih jauh bisnis MAE, coba Anda perhatikan tanaman enceng gondok. Siapa sangka jika tanaman eceng gondok bisa di sulap menjadi pupuk atau produk kerajinan yang mendatangkan banyak keuntungan secara financial. Padahal sebelum peluang itu ditangkap, gulma air tersebut sering begitu membuat kesal para petani. Eceng gondok yang tumbuh tak terkendali di sawah-sawah berebut unsur hara dengan tanaman budidaya seperti padi. Eceng gondok juga tumbuh liar di sistem pengairan. Ketika tanaman itu mati, sisa akarnya akan jatuh ke dasar pengairan dan mempercepat pendangkalan. Belum lagi daun-daunnya yang lebar menghalangi sinar matahari masuk sehingga hewan-hewan seperti ikan sulit berkembang di dalam air.

Namun kini, eceng gondok tak lagi “menggondokan”. Tanaman tersebut telah berubah menjadi sumber mata pencaharian. Di Karawang, tanaman ini diubah menjadi pupuk organik untuk menyuburkan tanaman budidaya. Ada pula yang memakainya secara langsung atau dijual di kios-kios. Sementara di Bantul Yogyakarta, eceng gondok digunakan untuk bahan produksi kerajinan seperti tas, sandal, pigura, dan furniture. Eceng gondok yang semula tak dianggap, kini pertumbuhan liarnya malah sangat ditunggu karena setiap pohonnya menjadi sumber pemasukan uang bagi petani. Setidaknya, eceng gondok membuat petani menyuburkan tanah pertanian jika dijadikan pupuk. Kisah eceng gondok ini memberikan pelajaran tentang banyaknya peluang yang dapat di jadikan sumber mata pencaharian. Asalkan, Anda jeli melihat peluang tersebut.

Awal mula bisnis MAE dimulai dari kecermatan seseorang memanfaatkan kayu bekas kemudian diubah menjadi mainan yang bernilai jual tinggi. Sebelumnya, kayu-kayu bekas (limbah/sisa potongan) yang beserakan di pabrik pembelahan kayu maupun furnitur dibuang atau dibakar. Kayu yang dibuang akan lapuk dan habis dimakan rayap. sementara yang dibakar menciptakan polusi yang membuat udara menjadi kotor. Kalaupun kayu itu dimanfaatkan biasanya hanya untuk tambalan di bagian dalam furniture, dibuat menjadi kandang burung atau ayam, bahkan menambalkaki kursi atau meja patah. Kayu yang digunakan pun harus berukuran tertentu. Jika ukurannya tak sesuai, tetap saja dibuang atau dibakar.

Namun sekarang barang rongsokan itu dapat “disulap” menjadi mainan anak edukatif. Mainan-mainan tersebut sudah tercipta beragam bentuk, ratusan bahkan ribuan model sudah diciptakan. Pangsa pasarnya pun tak hanya di dalam negri. Banyak pengusaha MAE sudah berhasil mengekspor produknyake mancanegara, seperti Malaysia, Jepang, Amerika dan Kanada. Bahan kayunya pun tetap berasal dari kayu-kayu bekas yang sudah tidak terpakai. Tentu, meskipun bekas, pemelihan bahan yang berkualitas sangat diperhatikan.

Saat baru memulai bisnis mungkin Anda bertanya-tanya, “bagaimana peluang usaha dari bisnis ini? Bisa berhasil atau tidak? “Hal ini merupakan wajar adanya karena semua orang pasti tidak mau terjun ke dunia bisnis yang peluangnya sangat kecil dan hampir tidak mungkin. Bagaimana dengan bisnis MAE? Pangsa pasar MAE cukup besar. Banyak hal menjadi alasan mengapa dapat dikatakan cukup besar. Banyak hal yang menjadi alasan mengapa dapat dikatakan cukup besar.

Pertama , setiap hari ada bayi yang lahir dan tumbuh besar. Dalam tahap pertumbuhan ini, anak butuh simulasi untuk mempercepat atau menguatkan berbagai kemampuannya, seperti kemampuan motorik, konsentrasi mengenal bentuk dan warna, dan kreativitas. MAE dapat menjadi salah satu sarana untuk mencapai beragam tujuan tersebut. Dengan demikian, dipastikan bahwa pangsa pasar MAE akan terus bertambah seiring dengan semakin banyaknya bayi lahir. Anda dapat menjdaikan bayi dan anak sebagai target pasar pengguna MAE yang diproduksi.

Kedua, setiap orang tua pasti menginginkan anaknya cerdas. Tidak ada orangtua yang memberikan anaknya hidupdalam kebodohan. Dengan kecerdasan, orang tua berharap anaknya bisa berprestasi di sekolah dan kelak sukses dalam hidup. Sebaliknya, anak yang tidak cerdas kerap identik dengan ketidaksiapan, tidak siap berprestasi, dan tidak siap menghadapi persoalan hidup hingga lebih sulit menemukan solusi. Meskipun kecerdasan tak selalu mendukung keberhasilan seseorang, untuk mencapai keberhasilan modal utamanya tetap kecerdasan.

Banyak hal yang bisa dilakukan orangtua untuk menciptakan anak cerdas. Salah satunya adalah dengan memberikan anak MAE. Banyak hal yang mendidik yang akan didapatkan oleh saat memainkannya, seprti mainan puzzle yang dapat melatih daya konsentrasi anak, ketangguhan, dan ketelitian. Jika semua itu testimulasi dengan baik kecerdasan anak pun ikut terstimulasi. Keinginan yang besar dari orangtua ini merupakan peluang bagi Anda untuk terjun ke dalam bisnis MAE.

Ketiga, produk Mae merupakan produk yang unit. Produk mainan ini dibuat secara handmate atau dibuat satu per stau dengan tangan, bukan dicetaak oleh mesin. Karena handmate, bentuknya pun dapat disesuaikan dengan keinginan pembuat maupun pembeli. Misalnya, pada sebuah perayaan ulang tahun, pembeli dapat membuat rancangan sendiri mainan yang ingin dihadiahkan kepada para undangan sebagai suvenir. karena sesuai keinginan, mainan yang didapatkan pun bersifat eksklusif, tidsk sama atau dimiliki oleh orang lain. Adapun mainan yang dibuat oleh pabrik, model dan bentuknya sama dengan yang tersedia dipasaran, pembeli tidak bisa mendapatkan bentuk yang sesuai dengan keinginannya.

Tidak hanya itu, Anda sebagai pembuat mainan dapat secara terus-menerus memodifikasi MAE. Hal itu dapat dilakukan setiap bulan, dua bulan sekali, atau tiga bulan sekali. Tak perlu repot-repot membuat cetakan mesin atau mengubah pengaturan di mesin karena kontrol pembuatan ada di tangan Anda. Jika ingin ukuran mainan lebih besar, kecil, panjang, pendek, tinggi, lebar, tebal, semua dapat di atur dengan mudah. Modelnya pun dapat di pariasikan sesuai dengan rancangan yang diinginkan. Tak perlu pusing mengubah desain mobil sedan menjadi model truk karena kita bisa mengubahnya dengan mudah.

Keempat, saat ini pemerintah tengah menggalakkan program pendidikan anak usia dini (PAUD) sehingga banyak sekolah yang memanfaatkan MAE dalam program belajar mengajarnya. Hal ini merupakan peluang bagus untuk menjalin mitra dengan PAUD. Setiap tahun ajaran baru atau pertengahan semester, rata-rata PAUD mengganti MAE karena sudah rusak atau membeli model-model baru. Anda dapat menyulap kebutuhan setiap sekolah-sekolah tersebut membutuhkannya.

Kelima, Jika Anda kesulitan dengan bermodalan jangan putus asa. Pemerintah kerap mengucurkan kredit untuk pengusaha yang masuk dalam kategori UKM (usaha kecil menengah). Bank Pemerintah ditunjuk untuk menyalurkan kredit dengan persyaratan mudan dan bunga ringan. Komitmen pemerintah sangat besar terhadap usaha UKM karena sektor ini telah mendukung pertumbuhan sektor riil begitu besar.

Apa yang melatarbelakangi penamaan mainan anak edukatif untuk produk mainan yang dibicarakan dalam bisnis ini? Dikatakan demikian karena fungsi MAE ini yang dapat memberi nilai edukasi kepada anak; mulai dari kecerdasan motorik meningkatkan fokus perhatian, konsentrasi, pengenalan warna, pengenalan bentuk, meningkatkan daya kreativitas, hingga sensor motor. Selain manfaatnya yang banyak, jenisnya pun beragam. Anda yang ingin terjun didalam bisnis ini perlu mengetahui ragam jenis mainannya. Tujuannya agar ada gambaran yang jelas tentang produk yang akan dibuat.

 

sumber : Buku dari Rupiah meriah dari bisnis mainan anak edukatif

Category:

Tinggalkan Balasan