15
- Mei
2017
Posted By : admin
Ladang duit dari bisnis penitipan anak

Sebelum Anda memulai membuka usaha penitipan anak, sebaiknya mengenal dan memahami terlebih dahulu latar belakang adanya tempat penitipan anak. Tempat penitipan anak merupakan bentuk pelayanan Pendidikan anak Usia Dini (PAUD) Non-formal yang menyelenggarakan pendidikan sekaligus pengusaha dan kesejahteraan sosial terhadap anak, dan keberadaannya terus berkembang jumlahnya. Dengan tujuan memberikan layanan kepada anak usia 0-6 tahunyang terpaksa di tinggal orang tua karena pekerjaan atau halangan lainnya, serta memberikan layanan yang terkait dengan pemenuhan hak-hak anak untuk tumbuh dan berkembang, mendapatkan perlindungan dan kasih sayang, serta hak untuk berpartisipasi dalam lingkungan sosial.

Pada awalnya tempat penitipan anak telah dikembangkan oleh Departemen Sosial sejak tahun 1963 sebagai upaya mengisi kesenjangan akan pengasuhan, pembinaan, bimbingan, sosial anak balita selama ditinggal orangtuanya bekerja atau melaksanakan tugas. Kemudian sejak dibentunya Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun 2000, pembinaan untuk pendidikan menjadi tanggung jawab Departemen Pendidikan Anak adalah memberika layanan yang holistik dan integratif. Holistik berarti seluruh kebutuhan anak (kesehatan, gizi, pendidikan, perlindungan, perkembangan, dan mempertahankan kelangsungan hidup). Integratif berarti semua lembaga tempat penitipan anak melakukan koordinasi dengan instansi-instansi Pembina.  Ada banyak alasan untuk membuka rumah seseorang untuk penitipan anak. Alasan yang paling sering diutarakan adalah orang tua ingin berada di rumah bersama anak-anaknya sendiri, sementara tetap bisa menyumbang bagi keuangan keluarganya. Penyedia penitipan anak yang lain ingin anak-anaknya mempunyai teman bermain atau ingin anak-anaknya berkembang secara sosial.

Ketika Anda memutuskan untuk membuka penitipan anak, maka Anda harus sabar betul bahwa membuka suatu penitipan anak membutuhkan investasi, dan investasi paling banyak adalah dalam hal waktu daripada uang. Meskipun anda tetap harus membeli peralatan, memasang iklan, mengurus perizinan, dan merenovasi tempat tinggal Anda, apabila penitipan berlokasi di rumah Anda, biayanya akan jauh lebih besar karena Anda harus menyediakan dana sewa tempat.

Mari kita lihat mengenai investasi waktu, karena Anda harus bekerja dengan shift 12 jam. Jika orang tua tiba-tiba menelepon dan mengatakan bahwa dia terjebak kemacetan, atau ban kempes di jalan tol dan akan terlambat menjemput anaknya, Anda tidak dapat mengatakan “Maaf saya tutup jam 5 sore, dan Anda akan membiarkan anak menunggu orang tuanya di jalanan.” Anda mempunyai tanggung jawab untuk menjaga anak itu, tidak peduli berapa lama orang tuanya terlambat menjemput atau seberapa penting keperluan Anda sendiri. Di sini, Anda harus benar-benar menyadari bahwa sejak Anda membuka rumah, Anda akan menjadi pemilik, juru masak, pencuci botol, pengganti popok, pendongeng petugas pembukuan , penasihat orang tua, dan masih banyak lagi.

Pada saat-saat mungkin Anda akan merasa pekerjaan seperti ini sangat berat, jam kerja yang panjang, selalu dalam tekanan, tidak adanya penghargaan. Namun menghibur anak-anak sepanjang hari sangat membutuhkan pengabdian. Bagi seseorang yang sangat menghargai kepolosan anak-anak, kekaguman, dan kasih sayang yang tidak terbatas dari anak-anak, pekerjaan seperti ini bisa menjadi kebanggaan dan kesenangan seperti halnya pemasukannya.

Sebelum Anda benar-benar membuat keputusan membuka penitipan anak,. Amatilah apa tujuan pelayanan yang akan anda berikan untuk masyarakat, khususnya dalam membantu orang tua yang bekerja di luar rumah sepanjang hari dan untuk kenyamanan anak-anak saat ditinggal di penitipan Anda.

Dibawah ini ada beberapa poin tujuan penitipan anak yang dapat anda gunakan sebagai gambaran pada saat Anda memutuskan membuka penitipan anak, antara lain :

  1. Anda akan memberikan layanan kepada anak usia 0 – 6 tahun yang terpaksa ditinggal orang tuanya karena bekerja atau keperluan lain. Yang perlu anda ketahui bahwa setiap usaha mempunyai perkembangan yang berbeda dari tiap individu anak, misalnya pada usia 4 bulan pada umumnya anak bisa tengkurap, usia 6 bulan bisa duduk, 10 bulan bisa berdiri, dan 1 tahun bisa berjalan. Oleh karena itu, sebagai penyedia penitipan anak, Anda harus memahami tahap perkembangan anak yang tujuannya adalah agar Anda dapat menyusun kegiatan sesuai dengan tahapan perkembangan untuk mendukung pencapaian tahapan perkembangan untuk mendukung pencapain tahap perkembangan yang lebih tinggi.
  2. Tentu saja juga memberikan layanan yang terkait dengan pemenuhan hak-hak anak untuk tumbuh kembang, mendapat perlindungan dan kasih sayang serta hak untuk bersosialisasi. Pada dasarnya setiap anak memiliki kebutuhan dasar yang sama, seperti kebutuhan fisik, rasa aman seperti menjamin pemenuhan kebutuhan anak untuk mendapatkan perlindungan dari pengaruh yang dapat merugigikan pertumbuhan dan perkembangan musalnya perlakuan kasar, penganiayaan fisik dan mental maupun eksploitas – di hargai, tidak dibeda-bedakan, bersosialisasi, dan kebutuhan untuk diakui. Anak tidak bisa belajar dengan baik apabila dia lapar, merasa tidak aman atau takut, lingkungan tidak sehat, tidak dihargai oleh pendamping ataupun oleh temannya.  Sesuai dengan keunika setiap individu anak, masing-masing mempunyai gaya belajar yang berbeda. Ada anak yang lebih mudah belajarnya dengan mendengarkan (auditoril), ada yang dengan melihat (visual) dan ada yang harus bergerak (kinestetik). Anak juga memiliki minat, temperamen, bahasa yang berbeda-beda serta cara merespon lingkungan dan kebiasaan-kebiasaan lainnya. Untuk mendukung hal tersebut, sebagai penyedia penitipan anak, Anda harus menggunakan cara yang beragam dalam membangun pengalaman anak, serta menyediakan ragam permainan yang cukup bervariasi.

Seandainya semua orang tua memiliki pemikiran dan kesadaran yang sama untuk menjadikan anak lebih baik, tentu orang tua tidak akan mempermasalahkan lingkungan tempat anak tumbuh untuk menghabiskan masa kecil dan waktu bermainnya. Namun kemungkinan itu sangat kecil, maka orang tua perlu mencarikan lingkungan yang benar-benar aman dan kondusif untuk perkembangan dan pertumbuhan anak. Untuk itu, jika Anda yakin bahwa Anda adalah orang yang tepat dan cocok untuk membuka sebuah tempat penitipan anak dan Anda mengerti banyak bahwa ini memerlukan kerja keras, maka hal ini adalah awal yang bagus. Sekarang saatnya Anda memulai memperkiran kebutuhan untuk penitipan anak di lingkungan Anda.

sumber :  buku ladang duit dari bisnis day care

Category:

Tinggalkan Balasan