16
- Februari
2016
Posted By : admin
Permasalahan Yang terjadi saat memulai usaha

Saat seseorang yakin untuk memulai sebuah usaha tentu banyak hal yang telah atau akan dipersiapkan. Pada kenyataannya, tahap awal memulai usaha tentu akan terasa berat. Banyak hal terasa sangat susah. Inilah masalah yang mungkin dihadapi atau bisa saja terjadi pada seorang entrepreneur.

Masalah yang dihadapi entrepreneur Pemula

1. Salah pilih tempat usaha

Biasanya ini sering dirasakan entrepeneur di bidang kuliner. Kadang makanan unik sangat disukai karena dianggap baru dan perlu dicoba. Tapi makanan unik berbeda dengan makanan aneh. Makanan aneh mungkin memberikan kesan menggelikan.

Solusi: Mungkin Anda perlu lebih kreatif dalam memilih jenis makanan atau minuman yang ingin dijual. Selain itu jika ingin bisnis kuliner, pilihlah lokasi yang ramai seperti di pinggir jalan atau di persimpangan.

2. Kekurangan modal usaha

Tiba-tiba saat baru memulai usaha mengalami kekurangan modal. Ini biasanya sering terjadi di bidang jasa. Dimana klien perusahaannya tidak langsung membayar lunas tapi memberlakukan pembagian waktu untuk pembayaran sebuah kontrak kerja.

Solusi: Gunakan simpanan atau tabungan Anda atau ajukan pinjaman ke Bank. Jika simpanan Anda hanya cukup untuk kebutuhan hidup selama beberapa bulan ke depan, sebaiknya Anda segera ajukan pinjaman ke Bank untuk modal usaha setelah kontrak dan arahan kerja sama jelas.

3. Legalitas

Tadinya memulai usaha dalam skala kecil, tapi ternyata dalam beberapa bulan usaha meningkat pesat. Bisa saja karena musim, keadaan pasar sedang sesuai dengan promo atau produk yang kita tawarkan, atau produk dianggap inovasi dan bermanfaat. Biasanya terjadi di bidang kerajinan atau IT seperti penjualan software. Tiba-tiba ada kerja sama dengan pihak yang membutuhkan legalitas dan ternyata belum sempat diurus. Ini bisa jadi masalah yang menghambat.

Solusi: Urus legalitas atau cari mitra yang bisa di ajak kerja sama dan bisa meminjamkan legalitas. Akan lebih sempurna jika Anda memiliki usaha menggunakan legalitas atas nama perusahaan itu sendiri.

4. Melihat peluang lain

Belum stabil dengan usaha yang dijalani, kemudian melihat peluang lain dan merasa itu juga ingin dijalani. Malah sebagian entrepeneur yang merasa gagal di awal usahanya berpikir usaha tersebut yang seharusnya ia jalani.

Solusi: Itulah pentingnya melakukan survey sebelum usaha. Cari informasi tentang usaha yang akan Anda jalani. Jika Anda menjual sebuah produk, pelajari tempat membeli materi produk, pelajari kebutuhan pasar, pelajari cara menentukan harga, pelajari cara mencari keuntungan dalam sebuah usaha. Semua itu tentu membutuhkan survey.

sumber : http://jagowirausaha.com/

Category:

Tinggalkan Balasan