05
- April
2015
Posted By : admin
Contoh Business Canvas Model

business canvas model

Sebuah model bisnis adalah gambaran logis mengenai bagaimana sebuah organisasi menciptakan, menghantarkan, dan menangkap sebuah nilai. Model ini diciptakan oleh Alex Osterwalder untuk memudahkan melihat proses inti bisnis dari suatu perusahaan.

CS: Customer Segment (=Kelompok Pelanggan)

Dari penjelasan di atas tampak kelompok besar pemakai (=customer segment) untuk usaha Neon Box PT Asoka adalah perusahaan swasta/BUMN yang memiliki anggaran promosi 35 milyar.

VP: Value Proposition (=Nilai Tambah)

Nilai tambah yang hendak diberikan kepada kelompok besar pemakai adalah kualitas yang baik, lokasi yang strategis dan harga yang bersaing.

 

CH: Channel (=Medium)

Channel (medium) yang akan dipergunakan untuk menjaring segmen konsumen yang dituju adalah dengan cara melakukan promosi baik melalui media cetak, online maupun promosi secara langsung  melalui konferensi ataupun pameran-pameran kepada segmen konsumen tersebut. Proposal penawaran akan dikirim ke berbagai institusi segmen tersebut.  Situs di Internet yang memberi akses ke database segmen konsumen yang dituju hal  akan mempermudah proses pencarian awal dan pengenalan awal para calon konsumen.

CR: Customer Relationship (=Jenis Layanan)

Dalam menjalin hubungin baik dengan pelanggan, maka kami lebih menekankan adanya komunikasi yang baik dan menjaga kepercayaan atas kualitas produk dengan pelanggan. Hal ini bertujuan agar pelanggan bersedia menceritakan dan merekomendasikan kualitas produk kami.

KA: Key Activities (=Kegiatan Utama)

Aktivitas yang diperlukan agar bisa mewujudkan Value Proposition untuk pelanggan adalah mencari sumber daya atau outsource neon Box yang lebih murah serta proses distribusi dan promosi yang efektif dan efisien.

KR: Key Resources (=Sumber Daya Utama)

Sumber daya yang harus dimiliki oleh perusahaan kami adalah fasilitas (asset), sumber daya manusia dan internet.

KP: Key Partners (=Mitra Utama)

Kerjasama dengan penyedia jasa neon box, bank, kontraktor dan pihak pemerintah.

C$ (Cost = Struktur Biaya) dan R$ (Revenus = Pendapatan)

Untuk struktur biaya, komponen-komponen utamanya terdiri atas biaya pemeliharaan, biaya investasi (entertainment), biaya sewa, biaya pembelian asset dan promosi.  Sedangkan untuk pendapatan perusahaan bersumber dari hasil penjualan jasa Neon Box.

business canvas model

 

Category:

Tinggalkan Balasan