21
- Maret
2015
Posted By : admin
Ini Cara Google Bantu Kembangkan UKM Indonesia

 

Guna membantu perkembangan pelaku UKM di Indoensia, Google mengadakan program GAPURA. Pada program ini, Google mengundang lebih dari 2500 UKM dari 5 kota besar di Indonesia untuk mendalami pengetahuan seputar teknologi dan potensinya dalam membangun usaha di dunia maya.

Dalam keterangan tertulis kepada VIVA.co.id, Rabu 11 Maret 2015, Google menilai potensi membangun usaha di platform online cukup menjanjikan. Perusahaan internet itu mengutip data riset Access Markets International (AMI).

Data itu menyebutkan pada tahun 2013, ada 55,2 juta UKM di Indonesia, tapi hanya 75,000 UKM yang memanfaatkan Internet. Padahal, 4,6 juta pengguna internet di Indonesia aktif bertransaksi belanja via dunia maya (e-commerce).

Hal itulah yang mendorong Google memprakarsai GAPURA, untuk bisa membantu memberikan edukasi gratis kepada UKM di Indonesia untuk bisa memanfaatkan momentum teknologi yang terus akan berkembang. Disebutkan salah satu materi yang diberikan yaitu membangun kehadiran bisnis di dunia maya melalui web, mobile, dan aplikasi.

“Ini adalah kesempatan besar bagi pemilik bisnis kecil dan menengah untuk mencari tahu informasi penting yang dapat membantu bisnis mereka terus berkembang,” kata Shinto Nugroho, Head of Public Policy and Government Relations Google di Indonesia.

Disebutkan, program itu merupakan program GAPURA kedua yang diadakan oleh Google Indonesia. Deretan pembicara yang akan meramaikan sesi GAPURA tahun ini adalah deretan jawara UKM online seperti Diajeng Lestari, CEO Hijup.com, Dewi Kucu, pemilik Cutteristic, Mochamad Takdis, pemilik dari Whatever Backpacker, didukung oleh Shinto Nugroho, Head of Public Policy and Government Relations di Google Indonesia dan Henky Prihatna, Industry Head di Google Indonesia.

Program ini akan dimulai pada 28 Maret 2015 di Jakarta, kemudian diikuti dengan Bandung (11 April, 2015), Surabaya (11 April, 2015), Denpasar (29 April, 2015), dan Makassar (9 Mei 2015). GAPURA diadakan atas inisiatif Google bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, pemerintah lokal setempat, Asosiasi E-Commerce Indonesia ( idEA), dan SMESCO.

Bagi UKM yang ingin mendaftar dan melihat detil program GAPURA di 5 kota, silakan mengunjungi https://sites.google.com/a/kibar.co.id/gapura-2015/.

Category:

Tinggalkan Balasan