21
- Maret
2015
Posted By : admin
Ayo Belajar ke Menteri Susi, Bakul Ikan yang Punya 50 Pesawat

Jakarta -Siapa tak kenal Susi Pudjiastuti. Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Kerja Joko Widodo (Jokowi) ini paling menggebrak publik karena keberaniannya. Susi punya latar belakang pengusaha sukses.

Wanita kelahiran Pangandaran, 15 Januari 1965 ini mengawali karirnya sebagai pedagang ikan laut di 1983. Meski tidak lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), Susi tidak gentar berusaha sendiri.

Bermodal Rp 750 ribu hasil menjual perhiasan, pada 1983 Susi mengawali profesi sebagai pengepul ikan di Pangandaran. Bisnisnya terus berkembang, dan pada 1996 Susi mendirikan pabrik pengolahan ikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product, dengan produk unggulan berupa lobster dengan merek ‘Susi Brand’.

Lewat merek lobster ini, Susi melakukan ekspor. Meski Indonesia dihantam krisis ekonomi pada 1997/1998, namun bisnis Susi tetap moncer. Pada 2004, Susi pun berani membeli pesawat Cessna Caravan seharga Rp 20 miliar menggunakan pinjaman bank, lewat dukungan suaminya saat itu Christian von Strombeck, seorang Jerman yang lama bekerja sebagai mekanik pesawat dan pilot di Indonesia.

Call sign yang digunakan Cessna itu adalah Susi Air. Dua hari setelah gempa tektonik dan tsunami melanda Aceh dan pantai barat Sumatera pada 26 Desember 2004, Cessna Susi adalah pesawat pertama yang berhasil mencapai lokasi bencana, untuk mendistribusikan bantuan kepada para korban yang berada di daerah terisolasi. Peristiwa itu mengubah arah bisnis Susi.

Di saat bisnis perikanan mulai merosot, Susi menyewakan pesawatnya itu yang semula digunakan untuk mengangkut hasil laut untuk misi kemanusiaan.

Selama tiga tahun berjalan, maka perusahaan penerbangan ini semakin berkembang hingga memiliki 14 pesawat, ada 4 di Papua, 4 pesawat di Balikpapan, Jawa, dan Sumatera. Perusahaannya memiliki 10 pesawat Cessna Grand Caravan, 2 pesawat Pilatus Porter, 1 pesawat Diamond star, dan 1 buah pesawat Diamond Twin star. Susi Air memiliki sekitar 50 pesawat terbang beragam jenis.

Susi menerima banyak penghargaan antara lain Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat tahun 2004, Young Entrepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia tahun 2005, serta Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter 2005 dari Presiden Republik Indonesia. Tahun 2006, ia menerima Metro TV Award for Economics, Inspiring Woman 2005 dan Eagle Award 2006 dari Metro TV, Indonesia Berprestasi Award dari PT Exelcomindo dan Sofyan Ilyas Award dari Kementerian Kelautan dan Perikanan pada tahun 2009. Pada tahun 2008, ia mengembangkan bisnis aviasinya dengan membuka sekolah pilot Susi Flying School melalui PT ASI Pudjiastuti Flying School.

Pada 23 Maret 2015, detikFinance berencana mengadakan acara d’Preneur With BRI yang akan menghadirikan Susi Pudjiastuti sebagai pembicara.

sumber : detik.com

Category:

Tinggalkan Balasan