Peluang Usaha di bidang Laundry

Di kota-kota besar misal di daerah Jakarta, Semarang, bandung dan sebagainya, bisnis yang bergerak di bidang ‘kain kotor’ ini sudah tak asing lagi. Bahkan bisnis Laundry ini sudah sangat berkembang dengan sistem waralaba. Memang dengan sistem waralaba akan tampak lebih mudah, cepat terkenal dan tentunya langsung ramai. Tapi disisi lain sistem waralaba ini akan membutuhkan biaya yang cukup besar pula. Tak ada salahnya anda mencoba mendirikan sendiri usaha laundry. Karena intinya kita hanya mencuci¬† dan merawat baju konsumen.

Lokasi usaha laundry sebaiknya di daerah kampus, kost-kostan, atau perkantoran. Para mahasiswa atau pelajar yang kost kebanyakan ‘malas’ jika melihat pakaian kotor menumpuk (apa lagi kaum pria). Sedangkan di daerah perkantoran, tak jarang para pegawainya juga tak memiliki waktu lebih untuk mengurusi pakaian kotor. Karena waktu mereka habis untuk pekerjaan. Tempat usaha Anda nanti setidaknya harus memiliki luas yang memadai. Beberapa persiapan jika anda ingin menjalankan bisnis laundry :

  1. Lokasi yang strategis
  2. Mesin cuci dan pengering pakaian
  3. Alat setrika listrik/uap
  4. Pegawai/karyawan
  5. Biaya operasional untuk detergen, pewangi, dan pelembut pakaian, air, listrik, plastik pembungkus.
  6. Peralatan pendukung seperi; mesin, keranjang, pakaian kotor, rak/almari untuk menempatkan pakaian yang siap kirim
  7. Armada untuk antar jemput pesanan

Jika Anda menjalankan dengan sungguh-sungguh, lambat laun bisa menambah armada mesin cuci dengan banyaknya pelanggan yang datang. Jangan menganggap ini adalah bisnis rendahan, karena dengan keuletan bisa meraup rupiah hanya dengan bermodal mesin cuci.

Sumber : Buku Peluang usaha Bisnis Laundry

0 Comments

Lewat ke baris perkakas