Model Kepemilikan Sebagian

Kalau kita sudah mengenal model startup Airbnb yang menawarkan kolaborasi ekonomi antara para pemilik properti dengan penyewa, model kepemilikan sebagian ini lebih dalam lagi. Properti tidak perlu dimiliki oleh satu orang, tetapi bisa dimikiki bersama-sama. Sebuah properti atau aset yang bernilai mahal dapat dimiliki secara bersama-sama oleh sejumlah orang dan dapat dinikmati secara bersama-sama. Ada kalanya sebuah aset seperti properti itu tidak digunakan sepanjang waktu dan tidak efisien. Oleh karena itu, dengan kolaborasi model kepemilikan sebagian para pemilik bisa men-share kepemilikannya dan waktu penggunaannya terhadap aset atau properti tersebut.

Model ini banyak diterapkan pada sektor properti di tempat-tempat yang menjadi tujuan liburan. Kepemilikan sebagian yang ditawarkan dapat beraneka ragam, seperti 1/10 atau 1/12 dari nilai properti tersebut. Apakah model ini hanya cocok digunakan di sektor properti? Sebuah startup di London mencoba menggunakan model ini untuk sektor kepemilikan mobil mewah. Orto nama startup tersebut. Beberapa model mobil mewah yang ditawarkan Orto saat ini adalah Jaguar F-Type S, Range Rover Sport, Porsche 911 Carrera S, Caterham Seven, dan BMWi8 yang dapat dimiliki hingga maksimum 4 pembeli di satu mobil. Untuk nama pemilik di kertas tetap di bawah nama Orto agar pembeli tidak direpotkan dengan paperwork. Setiap pembeli kepemilikan sebagian melalui Orto dapat menggunakan mobilnya selama 85 hari dalam setahun. Orto sendiri yang akan bertanggung jawab terhadap pemeliharaan mobil tersebut.

Lain Orto lain pula startup EstateUp yang beroperasi di Dubai. EstateUp berupaya menjembatan model kepemilikan sebagian pada properti komersial di Dubai. Misalnya, sebuah space di gedung perkantoran bernilai Rp2 miliar, sebuah space di gedung perkantoran bernilai Rp miliar, lalu dibagi kepemilikan ke 10 orang, setiap pemilik membayar sebar Rp200 juta. Srtelah gedung selesai dibangun, space yang dimiliki kemudian disewakan dengan harga sewa sebesar Rp25 juta per bulan. Pemilik berhak mendapat bagi hasil dari sewa dan kemungkinan kenaikan harga properti setiap tahunnya. EstateUp telah berhasil menggaet 190 investor yang lain ingin berbagi kepemilikan, menangani 35 proyek yang bernilai lebih dari AED10 juta jika di rupiahkan sekitar 36 miliar rupiah.

Sumber : Startup Business Model

0 Comments

Lewat ke baris perkakas