Menjamin Keunggulan Kompetitif

Inovasi apa yang bisa menjamin keunggulan kompetitif secara jangka panjang? Jawabannya adalah inovasi model bisnis. Kenapa bukan inovasi produk atau proses atau teknologi? Jawaban pertama, karena inovasi produk, proses, atau teknologi dapat ditiru dengan cepat oleh kompetitor. Saat ini perubahan lanskap bisnis terjadi cepat dan aturan main berubah drastis. Jawaban kedua, studi Boston Consulting Group (BCG) menunjukan perusahaan inovator model bisnis dalam kurun waktu 5 tahun akan lebih profitable 6% dibanding perusahaan yang hanya melakukan inovasi produk dan proses. Studi BCG juga menunjukan 14 dari 25 perusahaan paling inovatif di dunia adalah inovator model bisnis. Studi senada dilakukan BCG bersama MIT Sloan pada 2013 yang menghasilkan temuan inovasi model bisnis adalah kunci utama penggerak inovasi yang berkelanjutan. Lebih dari 60% perusahaan yang menerapkan berhasil mengalami peningkatan profit.

Riset dan studi di atas menunjukan keunggulan kompetitif di masa mendatang bukan berdasr pada inovasi produk atau proses, melainkan inovasi model bisnis. Tentu saja, inovasi produk atau proses juga penting, tetapi tidak akan menentukan gagal atau berhasilnya perusahaan secara jangka panjang. Contoh-contoh diatas kebanyakan berasal dari korporasi, bagaimana dengan startup? Justru startup-startup yang berhasil di dunia hadir menawarkan inovasi model bisnis baru yang tidak ditawarkan oleh para korporasi raksasa sebelumnya. Bahkan, inovasi model bisnis tersebut tidak terpikirkan oleh para korporasi raksasa yang telah merajai dan beroperasi puluhan tahun di dunia bisnis.

Salah satu contoh starup Airbnb menawarkan model bisnis inovatif yang menyewakan kamar-kamar milik orng lain yang tidak terutilasasi dengan baik melalui sebuah platform website dan aplikasi mobile. orang-orang dari seluruh dunia bisa menyewa kamar orang lain dengan harga yang lebih kompetitif dibandingkan bila menyewa kamar hotel. Tentunya, selama ini jaringan penyewaan kamar yang dikelola perusahaan hotel tidak menawarkan kamar-kamar seperti yang dilakukan. Airbnb perlu melakukan investasi membangun sendiri, tetapi bisa menyewakan kamar seperti yang hotel lakukan dan mendapatkan keuntungan dari situ. Airbnb hanyalah salah satu startup yang berhasil menawarkan inovasi model bisnis baru yang tidak terpikirkan sebelumnya oleh jaringan hotel raksasa sehingga melejitkan startup Airbnb yang baru berusia 6 tahun menjadi startup unicorm (yang memiliki valuasi lebih dari miliar dolar) dan mampu melampaui valuasi jaringan Hotel JW Marriot yang sudah puluhan tahun beroperasi.

Lalu, buat anda sebagai pendiri atau calon pendiri startup, apa itu inovasi model bisnis dan apa yang harus Anda pelajari untuk menerapkan inovasi model bisnis? Model bisnis seperti apa yang telah berhasil dan berjalan baik di starup-startup di seluruh dunia, baik lokal atau mancanegara sehingga mereka mampu menghasilkan uang? Menjawab dua pertanyaan tersebuat adalah dalam rangka menaggapi tujuan akhir, yaitu agar model bisnis startup Anda menjadi proven dan profitable, yang tentu saja menjadi idaman seluruh startup di manapun berada.

Kisah startup Airbnb yang baru berdiri enam tahun, namun sudah berhasil memiliki valuasi melebihi perusahaan korporasi raksasa yang telah puluhan tahun beroperasi memberikan sinyal dunia sedang berubah. Inovasi pada produk atau proses sudah tidak cukup bagi perusahaan agar mereka tetap relevan. Sekarang saatnya inovasi model bisnis! Model bisnis itu apa maksudnya? Banyak definisi dari pakar dunia tentang arti dari model bisnis. Ada dua yang paling tidak sangat mewakili. Pertama, model bisnis adalah bagaimana sebuah korporasi atau startup menghasilkan uang, How Does Startup Make Money? Definisi lain dari Alex Osterwalder, yang memperkenalkan kerangka BMC, mengartikan model bisnis adalah bagaimana sebuah perusahaan, baikkorporasi maupun startup membuat, menyampaikan, dan menagkap nilai baik untuk dirinya atau untuk pelanggannya.

Sumber : Buku Startup Business Model

0 Comments

Lewat ke baris perkakas