Long Tail

Model long tail adalah model bisnis yang digunakan oleh startup yang ingin menggarap ceruk produk dengan rentang yang luas walaupun hanya terjual dalam jumlah sedikit. Istilah model bisnis long tail diperkenalkan oleh Cris Anderson dalam bukunya Long Tail pada 2006. Model bisnis long tail fokus pada menjual produk dengan jumlah sedikit dari rentang produk yang luas. Terbaik dari konsep menjual banyak di satu jenis barang. Long tail menjual produk yang spesifik, ceruk kecil dalam jumlah sedikit, tetapi rentang produknya sangat luas. Model ini membuat konsumen mempunyai pilihan yang sangat luas dan memungkinkan mereka menemukan produk yang sedang cari. Startup yang menerapkan model ini harus bisa menangani biaya distribusinya agar tetap rendah dan efisien. Model long tail lebih tepat diterapkan ke bisnis digital dibandingkan bisnis konvensional karena persediaan bisa dijaga rendah, bahkan nol.

Dua startup pelopor model long tail dan telah berhasil adalah Amazon dan ebay. Amazon diperkirakan menghasilkan 40% penjualan dari buku-buku yang tidak dijual di toko buku konvensional. Sementara itu, eBay memfasilitasi individu melakukan lelang terhadap produk-produk unik yang langka dan sulit ditemukan di toko-toko konvensional, termasuk lelang makan siank bersama dengan pakar saham dunia yang masuk menjadi orang terkaya di dunia, yaitu Warren Buffett.

Premis dasar model long tail adalah dibandingkan startup meluncurkan dan menargetkan pasar yang terlalu luas, dengan sumber daya terbatas, sebuah startup lebih baik membidik pasar yang spesifik, ceruk kecil. Ketika sudah mendapat respons bagus di ceruk tersebut, startup bisa ekspansi ke pasar yang lebih luas. Jadi, sebagai pendiri startup, Anda cari pasar ceruk sehingga perusahaan yang sudah eksis tidak peduli dan menganggap kecil. Justru di situlah Anda masuk sehingga akan mendapat respon bagus. Hootsuite yang merupakan startup untuk menangani banyak akun di media sosial pada awalnya hanya menyediakan layanan sebagai tool gratis di twitter untuk UKM dan pengguna umum dan kini menjelma menjadi startup penyedia manajemen akun media sosial yang melayani perusahaan Fortune 500 di dunia seperti Pepsico dan Seagate. Adapula GoClio yang merupakan startup yang pada awalnya fokus menyediakan bantuan dan konsultasi hukum untuk pengacara solo dan firma hukum kecil, dan kini Clio menangani firma hukum dengan pengacara lebih dari 50 orang.

Sumber : Buku Startup Business Model

0 Comments

Lewat ke baris perkakas