Kontrak Lisensi Rahasia Dagang

Jika Anda adalah pebisnis kuliner yang menggunakan resep masakan rahasia yang resepnya adalah hasil eksperimen Anda sendiri selama bertahun-tahun pengalaman usaha dan teruji mendatangkan banyak pelanggan, sebenarnya nilai bisnis Anda lebih besar dari apa yang secara fisik tampak nyata. Nilai bisnis lebih besar dari nilai tempat usaha, karyawan-karyawan, mobil operasional, dan kitchen set. Anda memiliki rahasia dagang, kekayaan intelektual yang tidak tampak secara fisik, tetapi bisa jadi memiliki nilai ekonomi yang tidak tampak secara fisik, tetapi bisa jadi memiliki nilai ekonomi yang tidak lebih kecil dari nilai fisik bisnisnya. Rahasia dagang itu yang resep dan formulanya mungkin Anda sembunyikan dari karyawan Anda sendiri dan membuat warung makan Anda dibicarakan ramai bukan hanya di blog-blog kuliner, melainkan juga menjadi viral di medsos.
Rahasia dagang yang sama nilainya juga bisa dimiliki oleh klinik kecantikan wajah yang di dalam pelayanan jasanya menggunakan metode-metode yang dikembangkan sendiri. Berbeda dari klinik lainnya yang formulanya mungkin disembunyikan rapat-rapat di lemari besi pengarsipan. Jika Anda adalah seorang dokter yang berhasil mengembangkan inovasi baru dalam metode pelayanan jasa perawatan kecantikan wajah, tentu saja Anda menyembunyikannya dari kompetitor bisnis Anda.
Lisensi semacam ini memungkinkan Anda untuk mengembangkan bisnis dengan lebih cepat, karena anda dapat membuka cabang usaha bukan hanya satu melainkan sepuluh cabang sekaligus tanpa perlu terlibat langsung. Selain rahasia resep masakan dan metode klinis perawatan kecantikan wajah, rahasia dagang berlaku juga untuk informasi rahasia dalam teknik marketing, program komputer, proses fotografi, metode pelatihan (training), informasi penjualan, dan teknologi proses produksi.
Sumber : buku Panduan Membuat Kontrak Bisnis

0 Comments

Lewat ke baris perkakas