Kompetisi Wirausaha Asia Hadiah Senilai S$100,000

Tantangan Wirausaha Sosial Asia adalah sebuah kompetisi untuk seluruh Asia dalam bidang wirausaha sosial, dan terbuka untuk semua masyarakat. Kompetisi ini di selenggarakan oleh NUS Enterprise bermitra dengan DBS Foundation. Tantangan ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendukung usaha baru yang berpotensi untuk menghasilkan dampak sosial yang positif, terjangkau dan berkelanjutan. Dengan waktu lebih dari lima bulan, tantangan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kewirausahaan sosial dan membangun komunitas wirausaha sosial yang kuat dan ahli  di seluruh Asia. Tantangan ini juga memberi dukungan multi dimensi untuk wirausahawan sosial pemula dan membangun kapasitas melalui pendidikan umum dalam wirausaha sosial. Dengan di adakan lokakarya di seluruh Asia, peserta akan dibantu dan di bimbing oleh beberapa ahli yang sudah berpengalaman dalam bidang ini. Selanjutnya, para peserta yang memenuhi syarat akan berkesempatan untuk ke Singapura untuk mendapatkan bimbingan dan pelatihan dari para ahli, sebelum  masuk ke babak semi final dan final. Tantangan ini akan diakhiri dengan acara penghargaan bergengsi pada Agustus 2016.

Dengan platform pembelajaran yang khusus dan jaringan bermakna serta meningkatkan kepedulian dan memberi dukungan kepada wirausahawan sosial pemula, Tantangan Wirausaha Sosial akan meningkatkan dampak dari para pemenang untuk memecah kan masalah sosial yang sangat mendesak di masa kini.


 Hadiah

Hadiah total dari kompetisi ini adalah S$100,000 (Seratus ribu dollar Singapura). Para finalis dan pemenang juga akan menerima dukungan pasca kompetisi dari Impact Partners antara lain termasuk bimbingan, lokakarya atau bantuan pendanaan selanjutnya.


Kriteria Peserta

  1. Tidak ada batas umur, kewarganegaraan atau jumlah peserta dalam satu tim.
  2. Usaha-usaha yang telah menerima investasi luar dari pemberi modal usaha, investor swasta, pemerintah atau sumber industri pada saat registrasi dapat ikut serta, dengan syarat total dana (termasuk modal yang sudah disetor, hibah, pinjaman dan pendanaan yang lain nya) tidak melebihi US$ 1 juta (Satu juta dollar Amerika).
  3. Usaha yang diusulkan harus dapat menunjukkan dampak social yang positif, berkelanjutan, dan terukur di Asia (walaupun tidak secara eksklusif).
  4. Yayasan nirlaba dapat ikut serta, dengan syarat pengajuan sebuah gagasan usaha baru atau sebuah rencana baru untuk merubah operasi yayasan nirlaba tersebut menjadi sebuah bisnis yang berkelanjutan secara finansial.
  5. Proposal harus merupakan karya orisinil dari tim. Tim diharapkan dapat menunjukkan ide orisinil pada tiap kesempatan, atau bukti dari inovasi tersebut.
  6. Tim yang terpilih dalam 12 besar harus mengutus setidaknya salah satu dari tim inti untuk menghadiri babak semifinal dan final di Singapura. Bantuan dana akan diberikan kepada para tim yang tidak berdomisili di Singapura.
  7. Pihak penyelenggara Kompetisi ini memiliki hak untuk mendiskualifikasi para tim yang diketahui melanggar peraturan kompetisi tersebut.


Pedoman Pendaftaran

Pada putaran pertama, pendaftaran sudah harus diterima pada tanggal 15 Mei 2016. Peserta harus menyerahkan formulir pendaftaran beserta kuesioner dan video yang berdurasi dua menit yang menunjukkan ide wirausaha sosial tersebut. Video merupakan pilihan.

Sesudah pengumuman tim 12 besar pada tanggal 14 Juli, tim yang berhasil akan diminta untuk menyerahkan rincian rencana bisnis secara on line. Harap diperhatikan periode kompetisi di bawah ini.


Pelaksanaan Kompetisi

Tanggal Kegiatan Keterangan
15 Marey, 2016 BABAK PERTAMA: Pendaftaran dibuka
15 Maret – 15 Mei 2016 Lokakarya SE Serangkaian lokakarya akan di laksanakan di seluruh Asia dimana para wirausahawan sosial pemula akan didukung dengan alat peraga, uji coba dan mendapat saran-saran atas ide mereka dengan bantuan dari para pembimbing
15 Mei, 2016 Batas waktu terakhir untuk pengajuan aplikasi Para tim harus meyerahkan formulir pendaftaran dan video yang berdurasi 3 menit yang menunjukkan ide usaha sosial tersebut. Video ini merupakan pilihan.
14 Juli, 2016 Pengumuman tim 12 besar
22 Juli 2015 dan seterusnya Bimbingan dari para mitra setempat Sesi perorangan dengan para ahli di bidangnya dari berbagai negara
12 Agustus, 2015 Batas waktu terakhir untuk pengajuan perencanaan bisnis Perencanaan bisnis agar di ajukan secara on line
18 -26 Agustus 2016 Bimbingan dan pelatihan Para semifinalis di luar negeri akan diterbangkan keSingapura untuk bimbingan dan pelatihan yang akan di berikan oleh paraahli
Babak semifinal dan final Presentasi tatap muka dengan panel para juri
Konferensi dan Penyerahan Hadiah Pengumuman para pemenang dan penyerahan hadiah


TANTANGAN WIRAUSAHA SOSIAL ASIA 2015

 Kriteria Penilaian

  1. Nilai Proporsi yang Menarik (20%)
  • Keterangan yang jelas, solusi teknikal yang layak untuk sebuah masalah sosial yang telah di identifikasi
  • Innovasi dalam produk, jasa, atau model bisnis
  • Posisi pasar yang jelas dan diferensiasi dari para pesaing
  • Bukti validasi* dari masalah kebutuhan/sosial dan solusi nya.

*Bukti validasi adalah bukti dari pelanggan/ pengguna jasa/ saran-saran dari target masyarakat penerima yang mendukung asumsi dari masalah yang telah teridentifikasi dan solusi yang ditawarkan dapat mengatasinya.

  1. Dampak sosial (20%)
  • Mempunyai dampak tinggi proporsi nilai sosial, secara mendalam (luasnya masalah yang diatasi) atau luasnya (yang dicapai).
  • Secara aktif melibatkan dan bekerja sama dengan masyarakat untuk mengatasi masalah sosial
  • Perencanaan yang layak untuk mengukur dengan jelas dan mengevaluasi dampak sosial
  • Proporsi nilai sosial yang sejalan dengan model bisnis; skala dampak sebagai skala usaha
  1. Potensi Pasar (20%)
  • Ukuran pasar yang layak
  • Identifikasi target pelanggan yang jelas dan penerima manfaat serta cara untuk menjangkau mereka
  • Dapat terukur dari segi geografis dan solusi, atau dari rentang industri
  1. Model ekonomi dan keuangan (20%)
  • Model komersial yang layak dan realistis serta rencana pendanaan
  • Proyeksi keuangan yang realistis untuk pengoperasian usaha
  • Rencana yang realistis menuju pendanaan berkelanjutan.
  1. Kekuatan Tim (20%)
  • Anggota tim menunjukkan kemampuan kewirausahaan untuk beradaptasi
  • Menunjukkan pengetahuan dan pemahaman mengenai sasaran masyarakat yang dituju
  • Identifikasi yang jelas dari kesenjangan dalam bakat dan pengalaman dan rencana yang realistis untuk menutupi kesenjangan itu.

Semua pengajuan harus dalam bahasa Inggris


 TENTANG KAMI

NUS Enterprise

Sebuah universitas terkemuka yang berpusat di Asia, National University of Singapore  atau NUS (Universitas Nasional Singapura) adalah sebuah universitas unggulan di Singapura, yang menawarkan pendekatan global di bidang pendidikan dan penelitian, dengan fokus pada perspektif Asia dan keahlian. NUS memiliki 16 Fakultas dan Sekolah di tiga kampus, dengan lebih dari 37,000 pelajar dari 100 negara, yang memperkaya komunitas NUS dengan perspektif sosial dan budaya yang beragam. Pendidikan transformatif NUS termasuk kurikulum berbasis luas ditegaskan dengan kursus multi disiplin dan pengayaan fakultas lintas.

NUS Enterprise di dirikan untuk memberikan dimensi perusahaan kepada sistem pengajaran dan penelitian di NUS. Tujuannya adalah untuk membina bakat dengan kewirausahaan yang berfikiran global dan meningkatkan semangat inovasi dan kewirausahaan melalui berbagai program dan kegiatan. Sebagai pemimpin pemikiran Asia untuk inovasi dan perusahaan, NUS Enterprise ikut serta dalam kemitraan industri aktif, dan menyediakan pendidkan kewirausahaan pengalaman dan dukungan holistik bagi komunitas NUS.

Bagi komunitas pengusaha, NUS Enterprise sepanjang tahun aktif menyelenggarakan program penjangkauan dan pendidikan serta kegiatan lainnya. Kegiatan tersebut terpicu saat mengantisipasi tren industri dan dilaksanakan secara teratur. Salah satu inisiatif tersebut adalah Social Venture Lab@NUS yang mempromosikan dan menginkubasikan wirausaha sosial yang berbasis inovasi dengan skala yang terjangkau. Program tersebut memupuk kesadaran dan mendorong peserta untuk mengambil tindakan dan bereaksi terhadap perkembangan pesat dalam bidang kewirausahaan sosial. Para usaha yang berpotensi dapat menerima bantuan dana hibah seperti Youth Social Entrepreneurship Programme atau YSEP (Program pemuda kewirausahaan sosial) sebagai modal awal dari Departemen Sosial dan Pengembangan Keluarga. Kegiatan sering diselenggarakan dengan bekerja sama dengan para investasi, mitra industri dan Perguruan Tinggi lain nya, memperkuat keyakinan kami betapa penting komunitas masyarakat.

DBS Foundation

Sebagai satu-satunya yayasan korporasi di Asia yang semata-mata didedikasikan untuk mendorong upaya kewirausahaan sosial, DBS Foundation berkontribusi dengan membangun masyarakat yang lebih inklusif sehingga mereka dapat menikmati kehidupan yang lebih produktif dan bermanfaat. DBS Foundation bekerja sama dengan wirausaha sosial dan para wirausahawan sosial di Singapura, India, Indonesia, Cina, Taiwan dan Hong Kong dengan program-program yang bervariasi, antara lain adalah pelatihan dasar dan lokakarya hingga pelatihan intensif, dukungan pendanaaan, penyediaan forum guna berbagi pengetahuan dan pendampingan dari manajemen senior. Foundation ini merupakan upaya dari DBS Bank untuk menciptakan dampak yang lebih besar dalam menangani kebutuhan sosial yang meningkat di Asia. Kunjungi kami di: www.dbs.com/dbsfoundation

Hubungi kami di:

Ms. Samridhi Singh

NUS Enterprise

National University of Singapore

21 Heng Mui Keng Terrace, Level 5,

Singapore 119613

DID: +65 65161204

Email: necss@nus.edu.sg

http://enterprise.nus.edu.sg

htpp://socialventurechallenge.asia

sumber : http://socialventurechallenge.asia/

0 Comments

Lewat ke baris perkakas