Element-Element Business Model Canvas

Bisnis model kanvas adalah sebuah strategi dalam manajemen yang berupa visual chart yang terdiri dari 9 elemen. Dalam bukunya yang berjudul Business Model Generation (2010), Osterwalder dan Pigneur membuat suatu kerangka Business Model yang berbentuk kanvas dan terdiri dari 9 kotak yang saling berkaitan. Kotak-kotak ini berisikan elemen-elemen penting yang menggambarkan bagaimana organisasi menciptakan dan mendapatkan manfaat bagi  perusahaan dan pelanggannya.
Customer Segments
Customer Segmen atau segmen pelanggan adalah pihak yang menggunakan jasa/produk dari organisasi dan mereka yang berkontribusi dalam memberikan penghasilan bagi organisasi. Umumnya, pelanggan adalah pihak yang membayar langsung atas jasa/barang yang dibelinya. Sebagai contoh, pengunjung supermarket langsung membayar dikasir untuk barang belanjaannya. Namun demikian pelanggan tidak selalu merupakan pihak yang harus membayar langsung kepada organisasi, namun tanpa kehadirannya maka tidak akan terjadi aliran dana masuk.
Value Propositions
Value Propositions merupakan satu keunikan yang menentukan mengapa produk atau jasa tersebut pantas dipilih oleh pelanggan. Value Propositions ini memberi tawaran untuk memecahkan masalah pelanggan atau semaksimum mungkin memenuhi keinginan pelanggan. Keunikan yang ditawarkan ini haruslah sesuatu yang betul-betul didambakan oleh Customer Segment ini.
Channels
Chanel yaitu elemen yang menyatakan bagaimana organisasi berkomunikasi dengan pelanggan segmennya dan menyampaikan value propositions-nya.
Customer Relationships
Pembinaan hubungan dengan pelanggan bertujuan untuk mendapatkan pelanggan baru (akuisisi), mempertahankan pelanggan lama (retention), dan menawarkan produk atau jasa lama dan baru pada pelanggan lama.
Revenue Streams
Revenue streams atau aliran dana masuk menggambarkan bagaimana organisasi memperoleh uang dari setiap customer segmen. Aliran dana inilah yang memungkinkan organisasi tetap hidup.
Key Resources
Key Resources menggambarkan aset-aset terpenting yang menentukan keberhasilan pengoperasian model bisnis. Aset-aset berharga inilah yang memungkinkan organisasi mewujudkan value propositions yang dijanjikannya kepada pelanggan dengan baik.
Key Aktivities
Yang dimaksud dengan Key Activities (kegiatan inti) adalah kegiatan yang menentukan keberhasilan suatu model bisnis.
Key Partnership
Key partnership atau kemitraan kunci merupakan mitra kerja sama pengoperasian organisasi.
Cost Structure
Cost structure atau struktur biaya menggambarkan semua biaya yang muncul sebagai akibat dioperasikannya model bisnis ini. Semua upaya untuk mewujudkan Value Propositions melalui Channels yang tepat, Key Resources, dan Key activities yang andal, semua membutuhkan biaya.
sumber : Buku Business Model Canvas

0 Comments

Lewat ke baris perkakas