Business Plan Jane As Man

Perkembangan dunia fashion di Indonesia saat ini mengalami peningkatan, didukung oleh banyaknya designer lokal dan respon baik dari konsumen. Sandang saat ini tidak hanya menjadi kebutuhan manusia. Banyak orang berlomba untuk tampil dengan pakaian terbaiknya. Banyak pula yang berusah menjadi seorang tredsetter. Clothing line adalah sebuah istilah yang digunakan untuk sebuah perusahaan yang membuat atau memproduksi suatu produk dengan beberapa nama yang memiliki merek. Istilah ini merujuk terhadap suatu perusahaan induk yang memiliki beberapa anak perusahaan, namun anak perusahaan tersebut masih dibawah kendali penuh oleh perusahaan induk, maksudnya adalah tidak bisa bebas mengeluarkan suatu produk. Contoh singkatnya adalah ” Najib memiliki kaos bermerk AB dan celana bermerk AC”. Nah A itu adalah Clothing Company sedangkan B dan C adalah Clothing Line.

T-shirt adalah jenis pakain yang menutupi sebagai lengan, seluruh dada, bahu dan perut. Kaus oblong biasanya tidak memiliki kancing, kerah ataupun saku. Pada umumnya, kaus oblong berlengan pendek (melewati bahu hingga sepanjang siku) dan berleher bundar. Bahan yang umum digunakan untuk membuat kaus oblong adalah katun atau polister (atau gabungan keduanya). Mode kaus oblong meliputi mode untuk wanita dan pria, dan dapat dipakai semua golongan usia, termasuk bayi, remaja, ataupun orang dewasa. Kaus oblong pada mulanya digunakan sebagai pakaian dalam. Sekarang kaus oblong tidak lagi hanya digunakan sebagai pakaian dalam sehari-hari.

Berdasarkan hal-hal tersebut, kami memilih t-shirt sebagai produk yang akan kami produksi. Dengan mengedepankan kenyamanan serta esensi musik dan motor, kami berharap dapat menembut pasar yang telah ada. Kami berfokus hanya pada satu produk ini karena kami yakin bahwa t-shirt dapat dieksploritasi lebih banyak dari varian produk fashion lainnya.

Tujuan

Memenuhi kebutuhan pasar terhadap t-shirt dengan model menarik, fungsi dan harga yang releven. Kami membuat t-shirt ini menggunakan bahan local serta design anak negri. Kami ingin memajukan karya anak bangsa yang mampu bersaing dengan produk t-shirt international lainnya.

Manfaat

Konsumen akan mendapatkan beragam manfaat dengan menggunakan produk kami:

  1. Produk kami menggunakan bahan berkualitas tinggi yang di sesuaikan dengan design/gambar yang kami berikan.
  2. Produk kami memiliki design yang menarik dan design tersebut berasal dari mahasiswa design yang kami ajak kerja sama untuk menampilkan karyanya di produk kami.
  3. Produk kami memiliki harga yang relatif tidak tinggi dibandingkan produk sejenis di pasar yang kami tuju (pasar menengah ke atas).

Ruang Lingkup Bisnis

Jane as man adalah sebuah brand clothing line yang mengusung konsep motor dan musik. Konsep ini diusung karena dasarnya founder Jane As Man merupakan seorang pecinta musik dan motor. Oleh karena itu keluar suatu pemikiran untuk memberikan sebuah wujud karya dalam bentuk baju maupun asesoris lainnya bagi pecinta music dan motor. Bahan yang Jane As man tawarakan merupakan bahan lokal yang kualitasnya tak kalah saing dengan produk dari brand-brand besar lainnya. Jane As Man akan mencoba e-commerce sebagai permulaannya, akan membuat sebuah website dimana konsumen bisa memesan dan memilih t-shirt yang akan dibeli. Setelah transaksi dilakukan, produk akan diantar ke alamat konsumen dengan menggunakan jasa pengiriman barang tanpa jumlah minimum pemesanan.

Dalam ketersediaan bahan, kami mengandalkan industri konveksi yang telah ada. Untuk detail produk seperti sablon, lebel, benang, paper bag dan lainnya, kami pun mengandalkan suplai dari industri lain. Secara lebih terperinci, sangat mungkin kami mengandalkan kualitas dan nilai estetika produk dari Jane As Man sendiri

Buku  : Business Plan Jane As

 

0 Comments

Lewat ke baris perkakas